Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

MasterCard Targetkan Menjangkau Pendidikan untuk Lima Juta Anak Perempuan di Tahun 2025

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Mastercard mengumumkan, program pendidikan STEM unggulan perusahaan, Girls4Tech™, telah mencapai tujuan awalnya, yaitu mendidik satu juta anak perempuan. Untuk itu, Mastercard menetapkan tujuan baru untuk program Girls4Tech™. Yaitu menjangkau lima juta anak perempuan di seluruh dunia pada tahun 2025.

Sebelum krisis COVID-19 melanda, ketidaksetaraan menghalangi wanita dan anak perempuan dalam berbagai hal. Ada kebutuhan mendesak meningkatkan investasi dalam pendidikan anak perempuan. Ini guna mengatasi kesenjangan gender yang ada dalam ilmu sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM).


Walaupun bidang-bidang tersebut semakin penting,, jumlah wanita yang bekerja di bidang riset kurang dari sepertiga secara global. Di Asia Timur dan Pasifik, persentase peneliti wanita turun menjadi hanya 23,9%. Bahkan lebih rendah lagi di Asia Selatan dan Barat, yaitu sebesar 18,5%.


Rendahnya jumlah wanita dalam komunitas riset mencerminkan realitas ketidaksetaraan gender dalam pendidikan. Serta hambatan yang dihadapi oleh anak-anak perempuan dan wanita saat menempuh studi dan karier terkait STEM.

Navin Jain, Country Manager PT Mastercard Indonesia mengatakan, saat Indonesia bersiap untuk masa depan yang mengutamakan digital, sangat penting umengatasi tantangan kesenjangan keterampilan pada tenaga kerja di tanah air. Investasi pada peningkatan keterampilan wanita untuk berkarier di bidang STEM akan menjadi langkah awal penting memastikan Indonesia memiliki tenaga kerja kelas dunia yang akan mendorong sebuah ekonomi digital yang inklusif.


Untuk mendukung hal tersebut, Mastercard bersama YCAB Foundation, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberi pendidikan pada 60.000 anak perempuan mengenai STEM dalam pelatihan selama 3 tahun melalui platform belajar digital Girls4Tech. “Program-program seperti Girls4Tech dan Mastercard Academy 2.0 akan menjadi sangat penting dalam menciptakan generasi pemimpin wanita selanjutnya yang akan meningkatkan kemampuan STEM di negara ini,” katanya Selasa (3/11).

Thun 2014, Mastercard meluncurkan program Girls4Tech™. Tujuan program ini adalah memungkinkan anak-anak menemukan berbagai karir di bidang STEM. Sseperti pendeteksi penipuan, ilmuwan data, dan insinyur perangkat lunak. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER