Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Awas, Jaringan Sosial, Messenger dan Layanan Cloud Jadi Target Phishing

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Menurut Kaspersky, terdapat beberapa layanan web yang paling sering diakses oleh karyawan bisnis kecil dan menengah (UKM). Termasuk YouTube, Facebook, layanan Google dan WhatsApp.

Beberapa aplikasi ini menjadi paling banyak dieksploitasi oleh pelaku kejahatan siber sebagai batu loncatan untuk phishing. Penting bagi organisasi memahami ancaman relevan. Termasuk phishing di layanan cloud.

Setelah layanan web menjadi populer, itu bisa menjadi target yang lebih menarik bagi para scammer. Misalnya, aplikasi TikTok mendapatkan popularitas luar biasa. Sehingga aplikasi tersebut nampaknya dibanjiri dengan sejumlah akun palsu dan scammer yang bertahap melakukan peningkatan keterampilan mereka.

Menurut statistik anonim Kaspersky, lima layanan teratas yang sering diakses karyawan. Dan paling banyak upaya phishing.

Yakni Facebook (4,5 juta upaya phishing), WhatsApp (3,7 juta), Amazon (3,3 juta), Apple (3,1 juta) dan Netflix (2,7 juta). Beberapa gabungan layanan Google, termasuk YouTube, Gmail, dan Google Drive, menempati posisi keenam dengan 1,5 juta upaya phishing.


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER