Jumat, 29 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Mobil Bekas Jimny Menjadi Incaran di OLX, Ini Sebabnya

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Mendekati akhir tahun 2020, pasar mobil bekas mulai memperlihatkan keadaan lebih baik. Dalam studi OLX Autos, terdapat peningkatan permintaan mobil bekas sebesar 15% – 20% semenjak relaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Perilaku pelanggan berangsur positif. Sekitar 52% responden memiliki keinginan membeli mobil dibanding masa awal pandemi yang hanya 22%.  
 
Selain alasan keamanan dan kesehatan, pelanggan membeli mobil bekas karena kegemaran terhadap jenis mobil tertentu. Hal tersebut juga tercermin pada salah satu merk mobil mini SUV, yaitu Suzuki Jimny. 

Bisa digunakan sebagai mobil offroad dan juga mobil entry level di kendaraan berpenggerak 4×4. Maka, merek mobil yang dulu diproduksi secara lokal bernama Katana ini, menjadi incaran para pengguna.

Berdasarkan data OLX Otobarometer di bulan September 2020, Suzuki Jimny masuk menjadi salah satu mobil yang mobil yang dicari dengan listing masih sedikit.

Salah satu penyebab peningkatan pencarian mobil ini adalah produsen yang menghentikan pemesanan mobil baru dalam jangka waktu panjang hingga 2-5 tahun masa tunggu Sehingga mobil bekas menjadi alternatif pilihan penyuka Suzuki Jimny. 
 
Ichmeralda Rachman, Direktur Marketing OLX Indonesia menyebutkan, sejak pemberhentian pemesanan mobil baru pada September 2019, permintaan mobil bekas Suzuki Jimny keluaran 2019 meningkat 25% di Mei 2020. “Namun , pencarian Suzuki Jimny oleh pelanggan tidak dibarengi dengan listing Suzuki Jimny di OLX Indonesia yang dapat mencukupi kebutuhan tersebut yang turun sebanyak 36% pada Mei 2020,” kata Ichmeralda, pekan lalu.
 
Imbas lain dari jumlah peminat yang terus meningkat adalah harga mobil bekas Suzuki Jimny di platform OLX Indonesia melonjak. Untuk mobil keluaran tahun 2019 dan 2020 sendiri, saat ini berada di kisaran harga Rp400 jutaan. 
 
Suzuki Jimny berstatus impor utuh keluaran tahun 2019 dan 2020 menjadi mobil yang banyak diminati oleh pengguna. Menurut data OLX Indonesia, semenjak pemberhentian pemesanan mobil baru, ada perbedaan antara permintaan mobil bekas Jimny lama dan yang baru.

Permintaan Suzuki Jimny keluaran tahun 2019 naik sebesar 184% di September 2020 dibandingkan di bulan yang sama di tahun sebelumnya. Ini serupa dengan Suzuki Jimny keluaran tahun terbaru yaitu 2020, berada di angka nyaris dua kali lipat dari Suzuki Jimny tahun keluaran 2019. Sedangkan Jimny keluaran tahun sebelum 2000, mengalami penurunan di atas 10%. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER