Minggu, 21 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Teknologi Mendongkrak Penetrasi Industri Asuransi

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Dalam berasuransi, masyarakat dihantui proses berbelit-belit. Apalagi terkait pembayaran klaim. Hal ini seringkali menjadi penghambat bagi seseorang membeli asuransi.

Pandemi COVID-19 membuktikan, adopsi teknologi merupakan jawaban kunci yang dapat menembus segala hambatan industri asuransi. Sekaligus meningkatkan rasa percaya masyarakat.

CEO dan Founder PasarPolis, Cleosent Randing menjelaskan, ada tiga masalah utama yang menyebabkan masyarakat ragu membeli asuransi. Yaitu rumitnya akses menuju produk asuransi, proses klaim yang kurang efisien, dan premi asuransi tidak terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah.

Masalah pertama dan kedua harus dipecahkan melalui proses administrasi mudah. Mulai registrasi dan pembelian hingga klaim. Kedua kendala ini dapat diatasi dengan pemanfaatan teknologi. Masyarakat dapat menyelesaikan semua proses hanya dalam genggaman di gadget mereka masing-masing.

Begitu pula dengan kendala yang ketiga. Ekosistem digital yang diciptakan insurtech  memungkinkan kehadiran produk-produk asuransi yang murah dan dekat dengan kebutuhan sehari-hari.

PasarPolis sebagai insurtech membuktikan dampak positif teknologi, terutama menjangkau masyarakat bahkan hingga ke lapisan yang sebelumnya sulit mengakses layanan keuangan formal. Selama tahun 2019, PasarPolis menerbitkan lebih dari 650 juta polis untuk masyarakat yang sebelumnya tidak terjangkau oleh layanan asuransi. Seperti pengemudi ojek online, kurir pengiriman barang, dan pelaku UMKM online, yang juga merupakan lebih dari 40% pelanggan PasarPolis.

PasarPolis juga melibatkan para pengemudi ojek online dan pekerja sektor informal lainnya sebagai agen. PasarPolis mencoba membantu mereka dengan menawarkan peluang sebagai agen

Sambutannya pun luar biasa. “Sejak peluang ini kami buka di Mei 2020 lalu, sudah ada lebih dari 15.000 orang bergabung,” ujar Cleosent, Jumat (6/11). (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER