Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Ekonom Senior dan Pemerhati Teknologi Nasional Resmikan Indonesia Fintech Society

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Indonesia Fintech Society (IFSoc), forum diskusi dan analisis kebijakan yang menyoroti perkembangan dunia financial technolgy atau fintech resmi berdiri. Disaksikan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Nurhaida dan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng. 

IFSoc merupakan suatu forum diskusi kebijakan untuk menjadi mitra bagi pembuat kebijakan terkait fintech. Melihat fintech merupakan area yang terbilang baru, tapi memiliki peranan yang sangat signifikan bagi ekonomi nasional, inisiator IFSoc memandang perlu kehadiran suatu forum inklusif yang memainkan peran sebagai mitra bagi pembuat kebijakan dalam mengawal perkembangan pesat dunia fintech Indonesia. Inisiator IFSoc terdiri dari Mirza Adityaswara sebagai Ketua, Rudiantara, Hendri Saparini, Agustinus Prasetyantoko, Yose Rizal Damuri, Karaniya Dharmasaputra, Maryoto, dan Wahyu Dhyatmika.

Mirza Adityaswara, Ketua IFSoc menyampaikan, IFSoc bukan asosiasi yang mewakili industri tertentu. Melainkan forum diskusi dan analisis kebijakan yang akan menyelenggarakan diskusi berkala mengenai isu-isu fintech terkini untuk memberikan solusi bagi perkembangan fintech Indonesia. “IFSoc akan menghasilkan rekomendasi kebijakan dan policy paper dalam pengembangan fintech agar meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia di era transformasi digital ini,” kata Mirza, Senin (9/11). 

Peluncuran ini juga ditandai dengan diskusi publik dengan tema Peran Fintek dalam Pemulihan Ekonomi Nasional. Bersama Chaikal Nuryakin (Peneliti LPEM FEB UI), dan Agus Pambagio (Pengamat Kebijakan Publik).

Dalam paparannya, Chaikal menyatakan di tengah pesatnya pertumbuhan fintech di Indonesia saat ini, dukungan pemerintah harus selaras dengan peningkatan literasi keuangan dan regulasi yang mendukung. Senada dengan Chaikal, Agus mengatakan pemerintah dapat memberikan dukungan dengan memberikan regulasi yang lengkap dan sesuai (inline) dengan perkembangan teknologi informasi.
Dalam pelaksanaannya, IFSoc membentuk komisi pelaksana (organizing committee) yang merupakan kolaborasi antara Atma Jaya Institute of Public Policy (AJIPP) dan Center for Strategic and International Studies (CSIS). (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER