Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Solusi Urban Farming, XL Axiata Hadirkan XL Smart Hydroponics

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Salah satu solusi internet of things (IoT) XL Axiata melayani erus pelaku industri pertanian. Termasuk urban farming bertajuk XL Smart Hydroponics.

Solusi ini untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas pertanian yang menggunakan teknik hidroponik. Penggunaan solusi berbasis IoT ini terbukti meningkatkan produktivitas petani hingga lebih dari dua kali lipat.

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan, bertani teknik hidroponik harus memperhatikan sejumlah hal penting. Antara lain pemantauan dan penyesuaian berkala atas takaran nutrisi, suhu air dan udara, serta tingkat keasaman (pH) air yang akan digunakan.

Hal-hal tersebut sangat mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman. Namun, seringkali pengukuran yang kurang akurat dan tidak dilakukan secara rutin sehingga pengendalian nutrisi menjadi kurang maksimal.

Akibatnya pertumbuhan tanaman juga tidak seperti yang diharapkan. “XL Smart Hydroponics ini dirancang untuk menjadi solusi atas permasalahan tersebut,” kata Feby, Selasa (10/11).

XL Smart Hydroponics memiliki all in one system atau sistem yang telah terintegrasi. Baik terhadap kinerja sensor, aktuator, konektivitas, platform dan aplikasi. Solusi ini dilengkapi dengan display touch screen dan didukung oleh Graphical User Interface (GUI) yang mudah digunakan


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER