Selasa, 26 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkomsel Hadirkan Akses 4G LTE di Perbatasan Indonesia dan Timor Leste

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Telkomsel mengumumkan kehadiran BTS 4G LTE di Oepoli, Desa Netemnanu Utara, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Infrastruktur tersebut mulai beroperasi dan dinikmati masyarakat setempat sejak awal November 2020.

Upaya ini menjadi bagian komitmen Telkomsel mendorong pemerataan akses broadband terdepan yang mampu mendukung berbagai aktivitas digital masyarakat. Termasuk di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T) serta wilayah perbatasan negara.

VP Network Operation and Quality Management Area Jawa Bali Telkomsel, Samuel Pasaribu mengatakan, Telkomsel berupaya hadir menemani masyarakat, salah satunya melalui jaringan 4G LTE yang mampu menyentuh nadi-nadi kehidupan masyarakat.

Telkomsel memaknai beroperasinya BTS 4G di Oepoli tidak sekadar untuk menghubungkan masyarakat yang berada di sana, tapi juga demi memberikan manfaat bagi peningkatan potensi perekonomian desa. “Termasuk membantu kelancaran proses belajar secara daring, hingga mendukung petugas di daerah perbatasan dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara,” terang Samuel, Sabtu (14/11).

Proses pembangunan BTS di Oepoli berawal dari laporan masyarakat setempat mengenai kebutuhan akan akses broadband di lokasi tersebut. Sehari-hari, masyarakat hanya bisa mengakses internet lewat jaringan Telemor, operator dari Timor Leste.

Maka Telkomsel memutuskan mengoperasikan BTS 4G LTE setelah melakukan evaluasi terhadap kondisi geografis dan infrastruktur yang menantang di kawasan tersebut. Oepoli merupakan daerah berpenduduk 2.000 jiwa. Butuh waktu sekitar 9 jam untuk sampai di sana melalui jalur darat dari Kota Kupang. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER