Sabtu, 23 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

SMI Menyalurkan PEN ke Daerah

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau PT SMI mendapat penugasan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyalurkan pinjaman dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ke pemerintah daerah (pemda). Hingga akhir November 2020, PT SMI telah menandatangani komitmen pinjaman PEN Daerah tahun 2020 dengan 21 pemda. Dengan total nilai sebesar Rp 10,66 triliun.

Dari ke 21 pemda tersebut, empat Pemda yang sudah menerima penyaluran dana PEN Daerah Tahap 1 senilai total Rp 1,31 triliun. Yaitu: Provinsi Banten, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, serta Kabupaten Probolinggo.

Pinjaman PEN Daerah yang disalurkan oleh PT SMI ditujukan khusus untuk daerah yang memenuhi syarat. Yakni terdampak Covid-19 dan Memiliki program pemulihan ekonomi.

Lalu jumlah sisa pinjaman ditambah dengan jumlah pinjaman yang akan ditarik tidak melebihi 75% dari jumlah penerimaan umum APBD tahun sebelumnya. “Serta memenuhi rasio kemampuan keuangan daerah untuk mengembalikan pinjaman daerah paling sedikit sebesar 2,5%,” terang Edwin Syahruzad, Direktur Utama PT SMI, Senin (30/11).

Pinjaman PEN Daerah dibagi dalam dua skema pembiayaan, yaitu pinjaman program dan pinjaman kegiatan. Pinjaman program merupakan pinjaman yang pemanfaatannya untuk mendukung program penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi baik berupa fisik maupun non fisik. Seperti bantuan sosial kemasyarakatan dan kegiatan pembangunan infrastruktur yang tertuang dalam Paket Kebijakan.

Pinjaman Kegiatan merupakan pembiayaan khusus untuk kegiatan pembangunan infrastruktur di daerah yang berpotensi terhenti dan terhambat akibat terjadinya realokasi dan refocusing anggaran akibat dampak pandemi Covid-19. PT SMI melakukukan monitoring dan evaluasi terhadap penyaluran dana pinjaman PEN Daerah tersebut agar tepat sasaran dan ditujukan untuk kemanfaatan masyarakat. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER