Jumat, 19 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkom Perkenalkan BigBox, Solusi Satu Data Indonesia

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan tantangan tersendiri bagi industri. Data kian tersebar, tidak terintegrasi, tidak ada standardisasi dan kesulitan interoperabilitas data.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memperkenalkan BigBox, solusi big data analytics untuk program Satu Data Indonesia yang dicetuskan pemerintah. Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo menyambut baik langkah Telkom menghadirkan BigBox.

“Layanan big data ini memberikan solusi data komprehensif dan diharapkan dapat dimanfaatkan secara luas baik oleh lembaga pemerintah, BUMN, dunia usaha, dan masyarakat,” ungkap Tiko, sapaan Kartika Wirjoatmodjo, Rabu (2/12).

Sementara itu, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, BigBox bagian dari fokus bisnis digital Telkom dalam rangka mengakselerasi pengembangan platform digital. Sejalan dengan transformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital.

Peranan layanan BigBox merupakan kunci penting sebagai competitive advantages bagi instansi maupun korporasi di Indonesia. Diharapkan layanan ini mampu secara optimal mendorong ekonomi Indonesia maju lebih cepat. “Selain itu, melalui BigBox kami juga mendorong digital talent di Telkom dan BUMN untuk dapat bersama menggali potensi big data ini dan mampu menghadirkan layanan terbaik untuk semua,” jelas Ririek.

BigBox merupakan end-to-end big data platform, produk Amoeba, inkubasi model startup internal perusahaan. BigBox juga memiliki vertical platform, yaitu social media analytic platform (BigSocial), e-commerce analytic platform (BigCommerce) dan one data management platform (BigOne).

Khusus BigOne, akan diusung oleh Telkom untuk menjadi platform Satu Data Indonesia. Secara nasional. BigBox diyakini mampu memenuhi semua hal yang tercantum dalam kebutuhan Satu Data Indonesia.

Mulai lingkungan data yang terintegrasi dan mudah diakses, pengolahan data, analitik akurat dan dipertanggungjawabkan, sampai menghasilkan  insight untuk pengambilan keputusan serta Application Programming Interface (API), marketplace yang memudahkan data dibagi-pakaikan. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER