Sabtu, 13 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Perluasan Jaringan Lebih Efisien, XL Axiata Uji Coba Open RAN di Indonesia Timur

BACA JUGA




FinTechnesia.com | XL Axiata terus memperluas jaringan di seluruh Indonesia, termasuk di area-area kategori pelosok dan terpencil. Maka, XL Axiata menjajaki penggunaan teknologi jaringan terbaru.

Sehingga memungkinkan perluasan dilaksanakan lebih efisien dari sisi biaya pembangunan dan kualitas hasilnya tetap terjaga. Salah satu teknologi terbaru yang siap diuji coba mulai akhir November 2020 adalah Open RAN (Radio Access Network), dengan mengambil lokasi di Kawasan Timur Indonesia.

Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, saat ini sedang melaksanakan uji coba penerapan Open RAN di Ambon, Maluku. Ujicoba mulai akhir November 2020 ini hingga akhir Desember 2020 nanti.

Uji coba ini untuk memahami sejauhmana fungsi dan kapabilitas perangkat. “Kami juga ingin mengetahui sejauhmana jika diintegrasikan dengan jaringan XL Axiata yang telah ada saat ini. Serta mekanisme operasional jaringannya,” kata Gede, Jumat (4/12).

Open RAN adalah teknologi perangkat radio akses yang mengadopsi konsep open interface. Operator dapat menggunakan kombinasi perangkat radio. Seperti radio unit dan baseband, tanpa terikat pada salah satu merk/brand yang spesifik. 

Dengan konsep Open RAN ini, diharapkan mendorong tumbuhnya pemain baru pada perangkat radio akses, yang didominasi oleh beberapa partner penyedia teknologi saja. Dengan tumbuhnya pemain pemain baru, inovasi dapat berkembang lebih cepat dan membantu menurunkan beban perangkat dan operasional yang ditanggung oleh operator.

RAN sendiri adalah bagian dari sistem telekomunikasi yang menghubungkan perangkat individual ke bagian lain jaringan melalui koneksi radio. RAN berada di antara peralatan pengguna. Seperti ponsel, komputer, atau mesin apapun yang dikendalikan dari jarak jauh, dan menyediakan koneksi dengan jaringan intinya.

Dengan demikian bisa dipahami RAN merupakan komponen utama telekomunikasi nirkabel,  yang saat ini telah berevolusi melalui generasi jaringan seluler menjelang 5G.

Teknologi Open RAN menawarkan potensi inovasi dan struktur harga yang lebih bersaing. Kami memang berharap dapat memperluas jaringan. “Dengan efisiensi beban biaya di sisi operator, kami bisa terus memperluas jaringan agar bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas. Bahkan untuk area area di pelosok seperti Kawasan Timur Indonesia ini,” lanjut Gede. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER