Selasa, 26 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

JD.ID Ajak Toko Elektronik Skala Kecil Menengah Menjadi Mitra

BACA JUGA




FinTechnesia.com | JD.ID meluncurkan program terbaru bernama JD.ID Partner Store. JD.ID Partner Store adalah sebutan bagi para toko elektronik mitra JD.ID, yang terintegrasi dalam aspek pemasaran, pengiriman, pmasangan, dan perawatan/perbaikan produk elektronik.

Melalui program ini, JD.ID bermaksud mendorong pertumbuhan penjualan pemasok produk elektronik, para pemilik usaha toko elektronik skala kecil-menengah. Juga memberikan kemudahan bagi para pelanggan.

JD.ID sudah dikenal sebagai platform e-commerce terpercaya dalam penjualan produk elektronik, terlebih produk elektronik berukuran besar (big item). Melalui kerjasama dengan berbagai mitra brand elektronik lokal dan internasional, JD.ID berhasil membangun platform terintegrasi yang berkualitas, lengkap, dan terdepan, dalam melayani para pelanggan di seluruh Indonesia.

Namun pada sisi operasional, dikarenakan Indonesia yang luas dan berbentuk kepulauan, JD.ID kerap menemukan tantangan dalam layanan logistik dan purna jual. Seperti kesulitan mengirimkan produk-produk elektronik berukuran besar (big item) ke daerah kecil/terpencil.

Serta kurangnya sumber daya manusia (SDM) melayani permintaan layanan purna-jual. Hal ini berakibat pada menurunnya tingkat kepuasan konsumen.

Ternyata kebanyakan toko elektronik skala kecil-menengah juga kesulitan untuk mengembangkan bisnis mereka karena permasalahan yang hampir serupa. Nah, JD.ID Partner Store dapat berfungsi sebagai sarana pertukaran informasi, benefit, dan fasilitas secara online antara JD.ID, pemasok, dan penyedia layanan (toko elektronik skala kecil-menengah).

Melalui program tersertifikasi ini, setiap pihak dapat bekerjasama memberikan solusi atas tantangan penjualan produk elektronik. Dengan menyediakan sumber daya bagi jaringan layanan nasional, memperluas layanan logistik dan cakupan jaringan instalasi, mendorong pertumbuhan penjualan, dan meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan.

Selain itu,bagi para toko elektronik skala kecil-menengah, JD.ID juga akan menyediakan sejumlah fasilitas. Antara lain sistem penjualan yang canggih, mengadakan pelatihan bisnis profesional, serta menyediakan multi-saluran penjualan, dan sumber daya untuk meningkatkan skala bisnis dan pendapatan operasional.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai proses kerjasama JD Partner Store secara fungsional.

  1. Delivery : JD.ID Warehouse menerima pesanan konsumen dari platform JD.ID. Warehouse mengantar produk pesanan ke toko mitra untuk kemudian dilakukan pengiriman ke alamat konsumen.
  2. Installation : JD.ID menerima permintaan layanan purna jual (pemasangan) dari konsumen, kemudian diteruskan kepada toko mitra. Sehingga tercapai same-time delivery & installation. Layanan purna jual toko mitra akan terlebih dahulu diverifikasi dan disertifikasi oleh pihak JD.ID, guna memastikan kualitas layanan.
  3. Maintenance : JD.ID menerima permintaan layanan purnajual (perawatan atau perbaikan) dari konsumen, kemudian diteruskan kepada toko mitra.
  4. Marketing : JD.ID menyediakan fasilitas pemasaran bagi toko mitra, melalui mouth to mouth  marketing, brand promotion, membership development, township  promotion, dan customer ordering. Asehingga dapat mendorong daya beli pelanggan di 4 hingga 6 pasar, serta mendorong pertumbuhan pesanan.

Frank, Head of Big Item Logistics menjelaskan, banyak keuntungan bagi toko mitra jika bergabung, di JD.IDĀ Partner Store dan saling menguntungkan. “Membangun reputasi sebagai penyedia layanan purna-jual yang andal dan win-win cooperation,” kata Frank, Kamis (10/12). (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER