Selasa, 26 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Mengantisipasi Periode Libur Natal dan Tahun Baru 2021, Bank Mandiri Siapkan Dana Tunai Rp 15,1 Triliun

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank Mandiri menyiapkan uang tunai sebesar Rp 15,1 triliun guna memenuhi kebutuhan masyarakat selama Desember 2020. Rermasuk libur Natal dan libur jelang tahun Baru 2021.

Alokasi tersebut turun 8,2% dari periode tahun lalu. Terutama dampak pandemi diperkirakan akan mengurangi belanja masyarakat pada periode tersebut.

Corporate Secretary Bank Mandiri, Rudi As Aturridha menjelaskan, alokasi uang tunai tersebut sebagian besar untuk memenuhi kebutuhan penarikan tunai di ATM. “Kebutuhan akan uang tunai tetap ada untuk transaksi ritel yang belum menggunakan alat pembayaran non tunai. Seperti saat membeli makanan atau minuman di warung,” kata Rudi, Senin (14/12).

Bank Mandiri mengantisipasi puncak kenaikan transaksi nasabah diperkirakan pada 16-31 Desember. Sehingga akan dilakukan optimalisasi limit pengisian mesin ATM pada periode tersebut.

“Frekuensi perawatan mesin atau preventive maintenance kami tambah pada periode libur tersebut agar mesin ATM selalu siap melayani kebutuhan nasabah. Dengan fokus rest area, pusat perbelanjaan, hotel, bandara, stasiun, pelabuhan, SPBU, gereja dan tempat wisata,” kata Rudi

Rencananya, proses preventive maintenance dilakukan pada 955 ATM di lokasi-lokasi utama tersebut. Total ATM Bank Mandiri saat ini sebanyak 13.176.

Bank Mandiri juga menyiapkan jaringan elektronik banking. Seperti fasilitas Mandiri Online, SMS Banking dan Call Center 14000 untuk membantu nasabah melakukan transaksi keuangan, termasuk pembayaran kewajiban bulanan.

Khusus pada periode libur Natal 24-27 Desember 2020, Bank Mandiri mengoperasikan sebanyak 160 cabang di seluruh Indonesia secara bergantian untuk memberikan layanan perbankan secara terbatas. Termasuk pembayaran delivery order oleh SPBU Pertamina dan weekend banking. Untuk layanan yang sama pada periode libur Tahun Baru 31 Desember 2020-3 Januari 2021, sebanyak 214 cabang akan dioperasikan bergantian. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER