Jumat, 29 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Pengadaan Vaksin Covid 19, Unit Usaha Syariah Kucurkan Rp 2,68 Triliun ke Bio Farma

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank Maybank Indonesia menjadi bank pertama di Indonesia yang memberikan fasilitas ke PT Bio Farma (Persero) dalam penanggulangan Covid-19 melalui pengadaan vaksin.

Kemitraan Maybank Indonesia, melalui unit usaha syariah menunjukkan sinergi antara pemerintah dan sektor swasta.

Fasilitas pembiayaan berbasis syariah omnibus line facility sebesar US$ 185 juta atau Rp 2,68 triliun disalurkan kepada Bio Farma, melalui beberapa termin. Fasilitas pembiayaan ini mencakup proposisi syariah, musharakah trade financing serta forward hedging.

Taswin Zakaria, Presiden Direktur Maybank Indonesia berharap, kerja sama ini dapat memberi dampak luas bagi masyarakat dan khususnya kepada pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, serta iklim investasi di Indonesia.

Ricky Antariksa, Direktur Perbankan Global, Maybank Indonesia menyampaikan, Maybank Indonesia memberikan solusi pembiayaan ini dengan tujuan untuk memperluas cakupan utilisasi pembiayaan berbasis syariah di tengah dunia usaha Indonesia.

“Kami menilai, PT Bio Farma (Persero) memiliki perencanaan pengadaaan yang terstruktur dan memiliki jaringan usaha yang kuat melalui anak usahanya, PT Kimia Farma Tbk. dan PT Indofarma (Persero) Tbk. yang akan menjalankan fungsi distribusi kepada masyarakat,” ujar Ricky,” Senin (14/12).

Pemerintah melalui PT Bio Farma (Persero) berupaya memenuhi kebutuhan domestik, dengan mempersiapkan sebanyak 15 juta bulk vaksin untuk tahap pertama.

I Gusti Ngurah Suharta Wijaya, Direktur Keuangan dan Mitra Bisnis, PT Bio Farma (Persero), menjelaskan, “Saat ini, PT Bio Farma (Persero) sebagai holding BUMN farmasi, bersama PT Kimia Farma Tbk. dan PT Indofarma (Persero) Tbk. melangsungkan kegiatan usaha yang berfokus pada penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia. “Mengingat luas dan besarnya skala penanggulangan pandemi, kami membutuhkan mitra perbankan yang memberikan solusi finansial tepat,” ujar Gusti Ngurah. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER