Minggu, 14 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Damri akan Ubah Bus Diesel atau Gas Menjadi Bertenaga Listrik

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Damri merupakan operator bus dengan armada terbesar di Indonesia. BUMN transportasi darat ini berkomitmen untuk memberikan kontribusi dalam mewujudkan target jumlah kendaraan listrik berbasis baterai, yaitu sebesar 20% populasi kendaraan di Indonesia pada tahun 2025.

Kendaraan listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle menjadi salah satu fokus pemerintahan Presiden Joko Widodo. Terdapat beberapa alasan strategis menjadikan kendaraan listrik berbasis baterai ini memainkan peranan penting di masa depan.

Di antaranya emisi rendah bahkan dapat mencapai nol sehingga mengurangi polusi, menurunkan ketergantungan Indonesia terhadap impor BBM sekaligus mengurangi subsidi.

Dan terakhir target Indonesia menjadi pusat produksi kendaraan listrik dan baterai. Sebagaimana diketahui, Indonesia memiliki cadangan nikel yang sangat besar, yang bisa menjadi bahan baku utama baterai kendaraan listrik.

Sebagai bentuk implementasi dari fokus tersebut, sejak tahun 2019 pemerintah telah mengeluarkan serangkaian peraturan guna mempercepat perkembangan teknologi dan adopsi kendaraan listrik di Indonesia.

Dalam rilis pekan lalu, salah satu bentuk nyata dari komitmen tersebut adalah melalui program retrofit bus listrik untuk transportasi umum yang dilakukan Damri. Beberapa rekan swasta dalam program ini adalah PT Spora Tehnika Indonesia (Spora EV), Danfoss, PT Optima Integra Tehnika, PT Widya Adidaya Nusantara, dan PT ZFAG Aftermarket.

Program retrofit secara umum adalah program yang mengubah kendaraan konvensional, dalam hal ini bus lama bermesin diesel atau gas, menjadi bus listrik. Jenis ini lebih ramah lingkungan, serta lebih ekonomis dari sisi kebutuhan investasi dan lebih rendah biaya operasional.

Purwarupa pertama program retrofit ini akan mulai dikembangkan pada semester pertama 2021. Dan akan dilanjutkan dengan proses retrofit armada Damri secara bertahap. Damri uga berencana membuka program retrofit ini bagi operator transportasi darat lainnya, baik dari pihak swasta, pemerintah daerah, maupun instansi pemerintah yang berminat.

Dalam program retrofit ini, DAMRI bekerja sama dengan beberapa partner penyedia teknologi, baik dari pihak swasta maupun dengan BUMN lain yang berkompeten di bidangnya. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER