Jumat, 19 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

XL Axiata Lakukan Uji Coba Teknologi 5G di Frekuensi 4G

BACA JUGA




FinTechnesia.com | XL Axiata menyiapkan jaringan untuk implementasi layanan 5G. Operator telekomunikasi ini telah menjalankan sejumlah uji coba 5G sejak 2017 silam hingga saat ini.

Terbaru, XL Axiata melakukan uji coba Dynamic Spectrum Sharing (DSS) 4G/5G. Teknologi ini memungkinkan pemanfaatan spektrum yang sama untuk layanan 4G dan 5G.

Layanan 5G akan menjadi solusi atas terus meningkatnya trafik data hingga tahun-tahun ke depan. Trafik data diperkirakan akan terus mendominasi. Contohnya layanan video, diprediksi akan mencapai 82% trafik data pada tahun 2022 nanti.

Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, cepat atau lambat layanan 5G sudah pasti akan diimplementasikan di Indonesia. “Kami tidak pernah berhenti menyiapkan jaringan kami lewat serangkaian inovasi. Namin, layanan 5G membutuhkan kesiapan ekosistem lain. Termasuk ketersediaan spektrum 5G dengan lebar pita yang optimal,” terang Gede, Rabu (23/12).

Menurut Gede, untuk bisa memberikan pengalaman 5G yang sesungguhnya, dibutuhkan spektrum dengan lebar kanal yang lebih besar. Inovasi teknologi 5G memungkinkan koneksi dengan kapasitas yang jauh lebih besar, untuk itu dibutuhkan kanal bandwidth yang lebih lebar.

Setelah lelang 2.3GHz selesai, XL Axiata menunggu lelang spektrum 5G selanjutnya, yaitu 700MHz, 2.6GHz, 3.5GHz, 28GHz dengan total 1280MHz. XL Axiata berharap pengadaan spektrum 5G tersebut dapat segera terealisasi sesuai dengan rencana pemerintah. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER