Sabtu, 13 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Siapkan Jaringan 5G, XL Axiata Uji Coba 4G/5G Dynamic Spectrum Sharing

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Upaya paling baru XL Axiata menyiapkan jaringan menuju implementasi 5G adalah ujicoba teknologi 4G/5G Dynamic Spectrum Sharing (DSS). Teknologi ini memungkinkan pemanfaatan spektrum yang sama untuk layanan 4G dan 5G.

Uji coba pada spektrum milik XL Axiata, yaitu 1.800MHz dan 2.100MHz. Uji coba yang dilakukan di area Depok ini berada pada tahap optimasi dan evaluasi performa. Untuk keperluan uji coba ini, XL Axiata bekerja sama dengan Ericsson melalui feature ESS (Ericsson Spectrum Sharing).

Tujuan dari uji coba ini adalah guna melihat kesiapan jaringan XL Axiata untuk 5G. Selain itu, untuk mempelajari pengaruh implementasi 5G pada spektrum eksisting terutama pada layanan yang saat ini sudah berjalan, yaitu 3G dan 4G.

Dengan 4G/5G DSS, XL Axiata bisa memanfaatkan spektrum yang sama untuk layanan 4G dan 5G secara dinamis, alias berbagi pakai antara 4G dan 5G. “Saat 5G sudah diimplementasikan dan spektrum khusus telah tersedia, DSS dapat digunakan untuk solusi perluasan jaringan 5G, dengan memanfaatkan jangkauan dan kapasitas spektrum eksisting,” terang Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Rabu (23/12). (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER