Senin, 15 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkomsel Mendukung Penerapan Teknologi Open RAN

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Telkomsel konsisten mendorong tumbuhnya berbagai alternatif solusi teknologi terbaru. Langkah tersebut upaya menghadirkan kualitas dan kapasitas layanan broadband yang prima, terluas, dan merata hingga pelosok negeri. Salah satu alternatif teknologi yang akan segera diiuji dan diimplementasikan adalah Open RAN (Radio Access Network).

Open RAN merupakan teknologi perangkat radio akses yang mengusung paradigma menggunakan general purpose, vendor-neutral hardware, software-define technology, dan open system. Dengan konsep dan teknologi ini, komponen hardware dan software radio akses dapat dipisahkan. Sehingga penggunaan hardware dan software memungkinkan berasal dari berbagai vendor penyedia yang telah menerapkan konsep open system interface.

Direktur Network Telkomsel, Hendri Mulya Syam mengatakan, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, trafik penggunaan layanan broadband masyarakat Indonesia tumbuh signifikan. Tak lepas dari semakin tingginya adopsi masyarakat untuk pemanfaatan layanan digital guna aktivitas keseharian.

“Selain terus memperluas akses ketersedian jaringan broadband yang merata, Telkomsel juga secara konsisten mendorong tumbuhnya berbagai alternatif solusi teknologi yang dapat mendukung efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan jaringan mobile broadband terkini,” kata Hendri, pekan lalu.

Telkomsel melihat Open RAN memiliki peluang dapat diterapkan di daerah perkotaan dengan metode overlay maupun wilayah rural dengan metode extension atau complement, dengan tingkat efisiensi dan kompleksitas berbeda. Diharapkan Open RAN dapat mengakselerasi perwujudan akses broadband yang merata dengan kualitas yang setara di seluruh pelosok negeri. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER