Selasa, 23 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Inilah Game, Mainan dan Musik yang Sedang Digandrungi Anak-Anak

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pakar Kaspersky Safe Kids menganalisis penelusuran anak-anak yang dianonimkan selama November 2020. Saat itu mereka biasanya membuat wishlist Natal.

Dan game terpopuler di kalangan anak-anak selama periode tersebut adalah Roblox, mainan yang paling diminati adalah LEGO, sedangkan grup musik BTS dan BLACKPINK menjadi minat musik teratas. Kaspersky menyarankan orang tua memperhatikan dengan cermat minat utama anak-anak di internet.

Kaspersky Safe Kids melihat, anak-anak menunjukkan minat paling besar di beberapa area pada November 2020. Game, musik, toko dan berbelanja, mainan, kartun, layanan dan platform, karakter, hobi dan aktivitas, hingga konsol game adalah kategori paling populer. Tiga teratas dari minat ini adalah game (44%), musik (14%) dan belanja (10%)

Anak-anak yang mencari game di internet menunjukkan minat terbesarnya pada Roblox (23%), Among Us (21%) dan Minecraft (20%). Menyusul game populer lain seperti Gacha Life (16%) dan Fortnite (11%).

Konsol generasi baru yang baru-baru ini mulai dijual, Nintendo Switch menduduki peringkat teratas dalam penelusuran anak-anak (42%). Sementara PlayStation di tempat kedua (36%) dan Xbox di urutan ketiga (22%). Game paling dicari untuk konsol Nintendo Switch adalah Mario, Animal Crossing, dan The Legend of Zelda: Breath of the Wild.

Musik K-pop, yang telah mengguncang tangga lagu dalam beberapa tahun terakhir, masih sangat populer di kalangan anak-anak di seluruh dunia. Hampir setengah dari permintaan ‘musik’ terdiri dari ‘K-pop’ (48%) dan didominasi oleh dua band favorit: BTS (58%) dan BLACKPINK (42%).

Dan mainan masih digandrungi anak-anak adalah LEGO menyumbang 51%. Lalu Barbie (22%), set Playmobil (11%), L.O.L. Surprise! dolls (8%) dan 5 Surprise Mini Brands (8%).

Kaspersky merekomendasikan orang tua untuk dapat mencari pilihan hadiah dari berbagai industri game, budaya pop Korea, dan melihat set LEGO yang saat ini anak-anak gemari. Meskipun demikian, hadiah apa pun tidak akan sebanding dengan hubungan interaksi yang nyaman antara orang tua dan anak.

“Ada pepatah populer di internet – ‘Google tahu lebih banyak tentangmu daripada ibumu’, yang sepertinya terdengar masuk akal. “Mengetahui apa yang anak-ana telusuri dapat membantu orang tua memahami kebutuhan mereka lebih baik, mempertimbangkan minat mereka, dan bahkan menjadi teman yang baik. Tentu saja ini tidak hanya berlaku menjelang perayaan Natal tetapi sepanjang tahun,” terang Anna Larkina, pakar analisis konten web di Kaspersky, pekan lalu.

Agar membangun hubungan yang lebih baik dengan buah hati Anda, Kaspersky memiliki rekomendasi berikut:
• Jangan langsung mengambil kesimpulan jika anak menghabiskan terlalu banyak waktu di video game. Mereka bisa saja berada di tengah situasi dunia nyata yang tidak memuaskan. Mereka membutuhkan Anda untuk ini. Alih-alih membatasi jumlah waktu yang dihabiskan untuk bermain game, Anda dapat membantu mereka memecahkan permasalahan yang dimiliki. Misalnya, di sekolah atau dengan kerabat keluarga lain.
• Mencari waktu bermain game dengan atau menonton serial baru bersama anak. Memiliki hobi sama dapat meningkatkan hubungan orangtua dan anak.
• Instal Kaspersky Safe Kids, solusi yang memungkinkan Anda memantau, melihat, dan menelusuri aktivitas online anak Anda di berbagai perangkat, tanpa mengganggu ruang pribadi mereka. Solusi tersebut juga menawarkan saran bermanfaat tentang cara membantu anak-anak berperilaku aman saat online. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER