Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Ruangguru Beberkan Tips Belajar Jarak Jauh Anti Jenuh

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pandemi Covid-19 yang belum juga mereda membuat pemerintah kembali menunda pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sebagian besar daerah. Hal ini tentunya membuat para siswa harus menyiapkan diri lebih baik lagi agar tidak jenuh dalam melaksanakan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

Ruangguru membagikan tips bagi para siswa untuk belajar daring anti jenuh.

  1. Buat tempat belajar yang nyaman

Pilih tempat belajar yang paling nyaman dan jauh dari distraksi. Dengan penerangan atau pencahayaan bagus supaya tidak mengganggu penglihatan.

2. Pilih waktu dan metode belajar yang sesuai

Pilih waktu belajar yang membuatmu dapat berkonsentrasi secara penuh. Jangan lupa, tentukan batas waktu belajar agar aktivitas lainnya tidak terganggu.

3. Istirahat dan makan yang cukup

Beri waktu istirahat untuk mata dan diri dengan cara mengalihkan pandangan selama beberapa menit setelah lama memandang layar gawai. Hal ini bisa juga dilakukan dengan menggunakan metode 60:10. Setelah 60 menit memandang layar handphone, gunakan 10 menit selanjutnya memandang ke arah lain atau sekadar berdiri dan melakukan peregangan badan sehingga mata dapat beristirahat dari cahaya layar.

4. Jaga silaturahmi dengan teman sekolah

Cobalah tetap berhubungan dengan teman sekolah. Baik untuk sekadar menanyakan kabar atau berdiskusi tentang pelajaran. Hal ini dapat membuat lebih semangat dan tidak merasa sendirian dalam menjalani PJJ dari rumah.

5. Refreshing

Lakukan refreshing di akhir pekan tanpa harus keluar rumah atau ke tempat wisata agar tidak jenuh dalam PJJ. Bersantai sejenak atau mencoba beberapa hobi baru yang belum pernah dilakukan. Misalnya, memasak, membaca buku baru, menonton film yang menghibur, mendengarkan musik, olahraga atau sekadar rebahan untuk menyegarkan badan sebelum kembali belajar di keesokan harinya. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER