Rabu, 27 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Pandemi Covid 19 Telah Memacu Percepatan Teknologi dan Digitalisasi

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Blessing in disguise. Pandemi telah menggiring ekonomi global ke arah dua orientasi besar. Green economy dan digital economy.Isu green economy antara lain berkaitan pemanasan global, emisi buang, spesi yang musnah, degradasi kualitas tanah, hingga gurunisasi global. Bukan isu baru.

Tapi pandemi telah meningkatkan perhatian manusia ke arah itu menjadi makin intens..Pada sisi lain, pandemi juga memacu percepatan perkembangan teknologi dan digitalisasi. Moblitias manusia menurun, mobilitas barang meningkat.

Masyarakat semakin nyaman dengan belanja online, makin terbiasa bekerja dari rumah, pesatnya perkembangan infrastruktur digita dan sebagainya. Transformasi itu akan terasa langsung pada beberapa sektor.

Pembangkit misalnya, akan didesak bergeser dari penggunaan energi fosil ke energi baru terbarukan. Perusahaan yang memasok listrik dengan pembangkit tenaga air, matahari, angin, panas bumi dan biomassa akan memiliki peluang usaha lebih besar.

Sektor manufaktur akan mengalami tekanan serupa. Sumber energi yang ramah lingkungan, bahan mentah yang tidak mengganggu kelestarian alam dan bahan pembantu yang bisa didaur-ulang dan seterusnya.

Di sektor transportasi, kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil pelan. Tapi pasti akan digantikan oleh kendaraan berbahan bakar listrik.

Dalam konteks transformasi itu, ada dua jenis sumber daya alam yang akan menjadi mineral unggulan. Yang akan menjadi mineral yang paling banyak diburu di tahun tahun yang akan datang. Mineral itu adalah nikel dan timah.

“Kita bersyukur, Indonesia memiliki dua mineral tersebut dalam jumlah cukup berlimpah. Dua mineral yang akan banyak menentukan geliat ekonomi Indonesia beberapa tahun ke depan,” terang Founder Indowork Financial Consulting, Hasan Zein Mahmud, awal pekan ini.

Nikel, konon, merupakan bahan baku utama baterai lithium yang ekonomis. Setahun belakangan, nikel telah mendominasi aktivitas ekonomi Indonesia. Mulai dari investasi, kesempatan kerja, pemicu industrialisasi, potensi devisa dan pertumbuhan ekonomi.

Saat ekonomi nasional mengalami kontraksi, Provinsi Maluku Utara dan Sulawesi Tengah tetap mampu bertumbuh positif. Peran nikel akan semakin membesar di tahun tahun yang akan datang.

Timah juga memiliki peluang. Meningkatnya produski alat alat elektronik dan mesin mesin – paralel dengan pertumbuhan teknologi – akan memacu permintaan akan timah. Perubahan kebiasaan dari pembelian makanan dan minuman dalam bentuk curah, yang dimakan di tempat, menjadi makanan dalam kemasan yang dibeli secara online, diperkirakan meningkatkan permintaan timah untuk kebutuhan kemasan.

Timah juga memiliki cerita lain. Salah satu mineral ikutan dalam proses produksi timah adalah monasit, yang bisa diolah lebih lanjut menjadi thorium dan elemen tanah jarang.

Elemen yang disebut terakhir itu, tersedia cukup banyak di sini. Hanya belum tersentuh, karena keterbatasan teknologi dan know how. Elemen tanah jarang, terbukti dan diakui memiliki peran strategis dan ekonomis yang cukup penting. (yof/indowork.id)

Artikel di atas telah tayang di Indowork.id

Pandemi Pacu Percepatan Teknologi dan Digitalisasi


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER