Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

WhatsApp Menambah fitur Keamanan Pada Aplikasi Web dan Desktop

BACA JUGA




FinTechnesia.com | WhatsApp pertama kali diciptakan untuk penggunaan di ponsel. Namun seiring perkembangan, kini ada ratusan juta orang di dunia yang juga menggunakan WhatsApp di komputer melalui aplikasi desktop dan WhatsApp Web.

Sepanjang tahun ini, WhataApp berencana menambahkan fungsi-fungsi baru untuk pemakaian perangkat desktop Mac dan Windows, serta di Web. “Kami ingin performa WhatsApp Web dan desktop seunggul performa aplikasi versi ponsel. Dengan demikian, komunikasi pengguna tetap terjaga privasi dan keamanannya di perangkat manapun yang jadi pilihan mereka untuk berkirim pesan,” jelas WhatsApp, Kamis (28/1).

Kini WhatsApp memperkuat fitur keamanan untuk aplikasi Web dan desktop. Dengan menambah lapisan keamanan ketika pengguna ingin menyinkronkan akun WhatsApp dari ponsel ke komputer mereka.

“Kami memanfaatkan sistem operasi ponsel yang telah mendukung fitur autentikasi wajah atau sidik jari,” kata WhatsApp.Ketika pengguna ingin menyinkronkan akun mereka dengan WhatsApp Web/desktop, mereka akan diminta untuk melakukan autentikasi biometrik di ponsel mereka sebelum diminta memindai kode QR.

Tambahan lapisan keamanan ini meminimalisasi kemungkinan teman atau rekan kerja pengguna (jika kita sudah siap ke kantor lagi) menyinkronkan akun ke perangkat lain tanpa sepengetahuan mereka. Fitur ini untuk memperkuat keamanan yang telah ada.

Yaitu memunculkan notifikasi saat ada yang login di WhatsApp Web/desktop serta pengaturan untuk keluar dari semua perangkat di aplikasi ponsel yang dapat digunakan kapanpun.

Autentikasi wajah dan sidik jari di perangkat pengguna otomatis terlindungi oleh sistem keamanan privasi Sehingga WhatsApp tidak akan bisa mengakses informasi biometrik yang tersimpan di sistem operasi ponsel pengguna.

WhatsApp akan meluncurkan pembaruan sistem keamanan antar perangkat bersamaan dengan desain visual baru untuk WhatsApp Web. Pembaruan ini akan tersedia di ponsel pengguna yang kompatibel dalam beberapa pekan mendatang. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER