Senin, 15 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Proses Merger Tahap Akhir, Besok Bank Syariah Indonesia Resmi Beroperasi

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Proses merger bank syariah milik Himbara telah mencapai tahap akhir. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan izin penggabungan Bank Syariah Mandiri dan Bank BNI Syariah ke Bank BRIsyariah.

Juga izin perubahan nama dengan menggunakan izin usaha PT Bank BRIsyariah Tbk., menjadi IPT Bank Syariah Indonesia Tbk., sebagai Bank Hasil Penggabungan pada 27 Januari 2021. Sesuai rencana, Bank Syariah Indonesia Tbk efektif beroperasi pada esok Senin, 1 Februari 2021.

Ketua Project Management Office Integrasi dan Peningkatan Nilai Bank Syariah BUMN, sekaligus Direktur Utama Bank Syariah Mandiri, Hery Gunardi mengatakan, Bank Syariah Indonesia menargetkan pembiayaan tumbuh di atas 70% hingga lima tahun mendatang.

Penggabungan tersebut akan menciptakan bank syariah terbesar di Indonesia yang berdaya saing global dan memiliki potensi menjadi 10 bank syariah teratas secara global berdasarkan kapitalisasi pasar.

Dia menjelaskan aksi korporasi ini telah menghasilkan bank syariah dengan produk konsumer yang beragam didukung oleh kemampuan teknologi yang terbaik untuk menyediakan pelanggan dengan pengalaman perbankan digital yang lebih baik.

Per Desember 2020, tiga bank syariah BUMN peserta merger tersebut mencatat total pembiayaan mencapai Rp 156,51 triliun. Dengan demikian, pembiayaan ditargetkan mampu tumbuh 73,80% dalam lima tahun mendatang. “Total aset hingga akhir tahun lalu sebesar Rp239,56 triliun. Dana pihak ketiga mencapai sebesar Rp209,98 triliun,” ujar Hery, dalam rilis, Minggu (31/1). (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER