Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkom Raih Penghargaan di BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Telkom Indonesia Tbk meraih penghargaan “Honorable Mention” dalam BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2021 pada Jumat (29/1). Telkom menerima Penghargaan Honorable Mention kategori Creating Shared Value terhadap program Sampah Jadi Emas.

Program ini menciptakan lapangan kerja baru dan menjaga lingkungan hidup di Desa Tuksongo, Magelang, Jawa Tengah. BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit adalah ajang di dunia komunikasi perusahaan dan program keberlanjutan bagi perusahaan di lingkungan BUMN.

Direktur Human Capital Management Telkom Afriwandi mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan bahwa langkah dan inisiatif Telkom dalam program keberlanjutan (sustainabilty). “Honorable Mention ini menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Telkom untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” ujar Afriwandi, Minggu (31/1).

Desa Tuksongo tidak jauh dari Candi Borobudur. Seiring meningkatnya wisatawan, sampah yang dihasilkan pun ikut melonjak. Ada 12 ton sampah yang menumpuk setiap hari. Dan 30-40% dari sampah tersebut adalah plastik. Belum ada upaya maksimal mengurangi sampah plastik di Candi Borobudur dan area desa sekitarnya.

Di sisi lain, sampah plastik bisa menjadi keuntungan alternatif bagi masyarakat sekitar, asal tahu bagaimana mengolah dan mendaur ulang sampah plastik. Dengan latar belakang tersebut, terbentuklah inisiatif dan melalui kolaborasi antara Balkondes Tuksongo binaan Telkom, dapat diwujudkan masyarakat peduli lingkungan dan kreatif dalam permasalahan sampah plastik.

Langkah konkret yang antara lain membuat alat yang digunakan untuk mendaur ulang plastik. Terdiri dari shredder, injection, dan extrusion. PSelanjutnya Telkom membantu penjualan dan pemasaran barang baru tersebut.

Telkom juga mendorong masyakat sekitar untuk mengumpulkan sampah plastik yang dibuang wisatawan. Setiap 1 kg sampah plastik yang dikumpulkan warga akan dihargai Rp 10.000.

Dalam waktu dekat, Telkom Magelang akan mengembangkan sistem teknologi informasi untuk memonitoring project dan sampah keluar-masuk sampai proses penjualan ke umum. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER