Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Di Tengah Pandemi, Konsumen Beralih ke E-Commerce dan Membeli Produk Lokal

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Visa mengumumkan temuan utama tentang preferensi belanja konsumen Indonesia yang berubah signifikan sejak masa ‘new normal‘L. Menurut survei, satu dari dua konsumen Indonesia menganggap belanja online lebih aman dan murah dibandingkan berbelanja di toko.

Tren ini diperkuat popularitas e-commerce yang tumbuh pesat. Berdasarkan studi tersebut, e-commerce menawarkan banyak fitur yang memungkinkan konsumen berbelanja dengan nyaman dari rumah. Inj beranjak penting seiring penerapan kebijakan pembatasan aktivitas sosial di tengah pandemi.

Lima fitur e-commerce terpopuler yang diminati konsumen adalah pengiriman gratis (69%). Lalu voucher diskon (64%), kemudahan pembayaran (55%), respon cepat dari penjual (53%), dan kemampuan melihat ulasan dari pelanggan lain (50%).

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur Visa Indonesia, mengatakan, pandemi mengharuskan konsumen berbelanja dengan cara yang berbeda. “E-commerce juga memungkinkan belanja minim kontak fisik dan transaksi yang lebih aman. Ini menjadi perhatian utama pembeli di tengah masa sulit,” kata Riko, Jumat (5/2).

Studi ini juga mengungkapkan kesadaran lebih besar terhadap produk lokal. Pertimbangan harga dan manfaat menjadi perhatian utama konsumen.

Lebih dari separuh konsumen Indonesia menganggap produk lokal lebih atraktif dari segi harga (68%), memiliki kualitas yang diinginkan (63%)dan menawarkan beragam diskon (62%).

Tiga kategori produk lokal teratas yang paling dicari dan dibeli secara online selama enam bulan terakhir adalah makanan & minuman (45%). Kemudian fesyen & aksesori (44%), dan perawatan kulit & kosmetik (35%).Banyak usaha kecil dan mikro (UKM) cepat beralih ke e-commerce. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER