Minggu, 24 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

FIFGROUP Terus Mendukung UMKM di Masa Pandemi

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Sampai akhir Januari 2021 lalu, jumlah penerima bantuan dana bergulir FIFGROUP mencapai 279 UMKM. Total nominal nilai manfaat bantuan modal sebesar Rp 846,5 juta,

Bermula di tahun 2016, bantuan dana bergulir yang berasal dari dana sosial Syariah FIFGROUP diberikan ke 26 UMKM dengan total nominal Rp 65 juta. Pada tahun 2017 kepada 35 UMKM dengan nominal Rp 124,5 juta.

Tahun 2018 kepada 67 UMKM dengan nominal Rp 152,5 juta,, tahun 2019 kepada 97 UMKM dengan nominal Rp 298 juta, Dan tahun 2020 kepada 54 UMKM dengan total nominal Rp 206,5 juta.

Bagi mereka yang memiliki angsuran bagus, tentu dengan monitoring baik, akan terus didukung untuk pinjaman berikutnya setelah lunas dalam upaya memperbesar kapasitas dan pengembangan diri masing-masing UMKM tersebut.

Sebagai contoh pencairan pinjaman pada Oktober 2020 lalu. Pada masa pandemi ini, FIFGROUP tetap menggulirkan dana sosial syariah untuk 31 UMKM, yang memiliki prestasi bagus, termasuk dalam hal pengembalian pinjaman. Bersyukur, angsuran pembayaran kewajiban mereka lancar sejak cicilan pertama di bulan November 2020 sampai dengan akhir Januari 2021 lalu.

Direktur Human Capital, General Service dan Corporate Communication FIFGROUP, Esther Sri Harjati menjelaskan, manajemen berusaha menyalurkan dana pinjaman tersebut kepada mereka yang mempunyai motivasi tinggi untuk maju, “Sehingga kami juga merasa aman, senang dan bahagia melihat perkembangan UMKM tersebut bisa maju sesuai dengan tujuan kami dalam membina UMKM,” tutur Esther, Minggu (8/2).

Kunci sukses lain pembinaan UMKM ini, hasil dari koordinasi yang baik dari pihak ketiga. Yakni pemerintahan daerah atau Perangkat Desa mulai dari Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), Kelurahan dan Kecamatan.

Terutama dalam pemilihan calon penerima bantuan dana bergulir serta kesadaran dari para penerima mengembalikan dana tepat waktu. “Kami informasikan bahwa dana yang dikembalikan tersebut adalah untuk membantu teman-teman UMKM yang lain. Jadi kita ingin saling membantu untuk maju bersama,” tambah Esther. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER