Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Pegadaian Ikuti Asesmen Menjadi Pelopor Industri Keuangan 4.0

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Pegadaian (Persero) terpilih untuk menjadi salah satu BUMN sektor jasa keuangan menjadi pelopor revolusi industri 4.0. Tujuannya meningkatkan daya saing industri melalui transformasi digital.

Direktur Utama Pegadaian, Kuswiyoto mengatakan, digitalisasi adalah kebutuhan bagi perusahaan. Hal ini penting untuk meningkatkan daya saing perusahaan dalam industri keuangan. Sejalan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat yang memerlukan layanan secara digital.

“Kami berharap asesmen ini berjalan baik sesuai harapan. Sehingga Pegadaian menjadi perusahaan jasa keuangan pertama di lingkungan BUMN yang lolos asesmen INDI 4.0. Kami juga akan mendapatkan masukan berdasarkan hasil asesmen melakukan pengembangan secara berkelanjutan,” ucap Kuswiyoto, Jumat (5/2).

Era industri 4.0 menciptakan peluang mengembangkan produk baru sesuai potensi perusahaan, kebutuhan masyarakat dan perkembangan lteknologi. Kemajuan teknologi mendorong Pegadaian melakukan inovasi baru berupa produk maupun layanan yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Perusahaan tetap mengembangkan produk berbasis gadai sebagai bisnis inti, sekaligus meningkatkan komposisi bisnis non-gadai. “Kami juga mendorong regenerasi demografi nasabah ke arah nasabah pada segmen milenial,” kata Kuswiyoto. 

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Industri Kimia, Farmasi, Tekstil, Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Badan Penelitian & Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian, Sony Sulaksono menjelaskan, Pegadaian merupakan perusahaan jasa keuangan pertama yang bisa menerapkan revolusi industri 4.0 dalam beberapa aspek.

Di antaranya manajemen dan organisasi, SDM dan budaya, produk dan layanan, teknologi, serta operasi perusahaan. “INDI 4.0 akan menjadi alat untuk mengukur kesiapan industri dalam bertransformasi. Pegadaian akan menjalani asesmen dengan menilai 5 aspek sebagai tolak ukur utama untuk menilai kesiapan sebuah industri,” ujar Sony sulaksono.

Dalam mewujudkan revolusi industri 4.0, Pegadaian telah menciptakan produk berbasis digital. Seperti Pegadaian Digital Sistem, Gadai Efek (Gadai Saham), G-Cash (Virtual Account Pegadaian), Gadai on Demand (pick up & delivery barang bagi nasabah yang tidak sempat datang ke Pegadaian) dan perluasan segmen distribution channel, yang bekerjasama dengan beberapa perbankan di Indonesia.

Selain itu dalam menggaet nasabah milenial, sekaligus memperluas channel tabungan emas, Pegadaian telah bekerja sama dengan beberapa e-commerce di Indonesia. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER