Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Pandemi Bikin Anak Semakin Sering Internetan, Ini Peringatan dan Tip dari Google

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pandemi menyebabkan banyak kegiatan masyarakat melalui online. Termasuk anak-anak. Kenyataan inui membutuhkan perhatian ekstra.

Survei Google dan Trust and Safety Research menunjukkan, 51% orangtua dari anak yang belajar dari rumah selama pandemi merasa lebih khawatir soal keamanan online. 

Ada tiga kekhawatiran terbesar orang tua saat ini. Yaitu keamanan informasi anak, interaksi anak di internet, dan konten yang dikonsumsi anak. 

Asisten Deputi Perlindungan Anak dalam Situasi Darurat dan Pornografi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan AnakĀ (PPPA), Ciput Eka Purwianti mengungkapkan,Ā anak-anak di usia sekolah memang rentan di ruang maya. Mengutip sebuah riset, Ciput mengungkapkan beberapa risiko utama mengancam anak-anak ketika berselancar di dunia maya.Ā 

Yakni rentan menerima serangan siber, menerima konten yang berisi eksploitasi seksual, tindakan menyakiti diri sendiri, bunuh diri, konten pronografi hingga konten berbau radikalisme. Selajutnya anak-anak juga rentan mengalami adiksi siber. Seperti ketagihan gadget atau konten di internet.Ā 

Bagi orang tua khususnya, perlu menerapkan strategiĀ  agar melindungi anak aman berselancar di internet agar mendapatkan manfaatĀ  dari internet. “Kuncinya literasi digital.Ā  Keluarga dan anak punya kapasitas untuk melindungi diri mereka masing-masing dari berbagai bentuk kejahatan di ranahĀ online,” ujar Ciput, dalam webinar, Selasa (9/2).Ā 

Online Safety Education Lead Google, Lucian Teo memaparkan, orang tua perlu membangun kepercayaan dengan anak. Dengan begitu, diharapkan anak-anak terbuka kepada orang tua terkait aktivitas online yang mereka kerjakan. 

Orang tua bisa memanfaatkan fitur safe search pada Google Search, mode terbatas pada Youtube, atau menggunakan aplikasi Family Link untuk mengontrol aktivitas online anak. Dengan begitu diharapkan bisa meminimalkan anak menemui konten yang tidak pantas. (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER