Jumat, 22 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

XL Axiata Terus Uji Coba Teknologi Open RAN, Integrasi ke Jaringan Eksisting

BACA JUGA




FinTechnesia.com | XL Axiata mendukung pemerintah melakukan pemerataan penyediaan jangkauan jaringan pita lebar ke seluruh Indonesia.  Maka, XL Axiata mengimplementasi penerapan teknologi baru yang lebih efektif dan efisien yakni Open RAN (Radio Access Network).

Implementasi diawali dengan melakukan ujicoba Open RAN. Lalu diintegrasikan ke jaringan yang sudah ada (existing network) di Ambon pada bulan Februari ini.

Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa berharap, penerapan teknologi ini menjadi solusi pembangunan jaringan secara lebih efisien dan efektif khususnya di pelosok luar Jawa. Saat ini uji coba pada tahap uji layanan, fungsionalitas, kapabilitas dan performance.

“Progres uji coba test call pada jaringan 3G (CS fallback) dan OTT call di jaringan  4G telah berhasil dilakukan. Saat ini dalam proses monitoring untuk kinerja dan kestabilan. Untuk uji coba ini kami melakukannya bersama Mavenir sebagai partner penyedia teknologinya,” terang Gede, Kamis (11/2)

Serangkaian uji coba saat ini baru tahap awal. Eksplorasi lebih lanjut diperlukan untuk benar benar memahami karakteristik Open RAN ini, termasuk memahami mekanisme operasional jaringannya. Dalam uji coba ini, sejumlah aspek yang dicermat. Antara lain meliputi layanan, fungsionalitas, kapabilitas,  dan performance dari perangkat Open RAN ini.

Tahun 2021 ini, XL Axiata berencana melakukan uji coba Open RAN dengan partner teknologi lain guna mendapatkan lebih banyak pilihan sebelum implementasi. Uji coba tersebut sekaligus guna membandingkan kualitas kinerja dan kemampuan dari partner teknologi. Proses selanjutnya setelah uji coba tahap awal ini adalah pilot project deployment Open RAN untuk memastikan lebih lanjut seberapa besar manfaat yang bisa dihadirkan teknologi ini.

“Ambon kami pilih sebagai lokasi uji coba Open RAN dengan pertimbangan bahwa area ini memiliki potensi bisnis yang cukup baik untuk ekspansi jaringan di masa mendatang,” lanjut Gede.

Teknologi Open RAN adalah teknologi perangkat radio akses yang mengadopsi konsep open interface. Operator dapat menggunakan kombinasi perangkat radio, seperti radio unit dan baseband, tanpa terikat pada salah satu merek/brand yang spesifik.  

Dengan konsep Open RAN ini, diharapkan mendorong tumbuhnya pemain baru pada perangkat radio akses yang saat ini hanya didominasi oleh beberapa partner penyedia teknologi. Dengan tumbuhnya pemain pemain baru, inovasi dapat berkembang lebih cepat dan membantu menurunkan beban perangkat dan operasional operator. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER