Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Ericsson dan XL Axiata Kerjasama Penyediaan Layanan Optimasi Jaringan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Ericsson dan XL Axiata mengumumkan kemitraan dalam penyediaan layanan optimasi jaringan (network optimization service) di daerah terpadat di Indonesia., Antara lain Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek) dan Jawa Tengah. Layanan ini memanfaatkan Ericsson Cognitive Software berbasis kecerdasan buatan (AI), keahlian khusus Ericsson.

Ericsson Cognitive Software adalah platform big data multi-vendor dan multi-teknologi berbasis AI dengan skalabilitas dan kinerja yang unggul. Platform ini digunakan untuk meningkatkan pengalaman jaringan yang diikuti oleh rasionalisasi Opex (biaya operasional), peningkatan loyalitas pelanggan, dan peningkatan EBITDA (laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi). Platform ini diatur dengan modul berbeda, yang bekerja secara mulus di seluruh siklus jaringan (network lifecycle), dari perencanaan, rancangan, penyetelan, hingga optimasi.

I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, mengatakan, mewujudkan visi membangun jaringan yang paling hemat biaya untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik, XL Aciatan perlu menanamkan analitik dan machine learning (ML) dalam alat perencanaan, perancangan dan optimasi. “XL Axiata telah memulai Zero Touch Operations sejak 2020 dan kami yakin melalui kerjasama dengan Ericsson dapat mendukung ambisi kami,” kata Gede, Senin (15/2).

Ericsson Optimization Service meliputi penggunaan cognitive planning untuk secara akurat memprediksi kebutuhan ekspansi. Lalu cognitive tuning untuk meniadakan kebutuhan drive test. Sekaligus memberikan wawasan unik yang menangkap pelanggan di mana saja, rekomendasi dengan tingkat akurasi tinggi. termasuk wawasan kompetitif dari data crowdsourced pelanggan.

Lalu Cognitive Optimization, untuk mendiagnosis secara mendalam, mendeteksi secara proaktif, dan menyelesaikan masalah kinerja. Kemampuan ini secara bersama-sama menjamin perluasan kapasitas secara proaktif dan kualitas jaringan unggul sebagai dasar untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan XL Axiata.

Jerry Soper, Country Head Ericsson Indonesia, mengatakan, “Ericsson Cognitive Software akan memperkuat tekad kuat XL Axiata untuk memaksimalkan pengalaman pelanggan dan keunggulan operasional. “Solusi ini akan mengurangi biaya operasional dan kompleksitas serta memberikan pengalaman jaringan ke generasi selanjutnya,”ujar Jerry. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER