Jumat, 22 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kerjasama XL Axiata dan BAKTI Adakan Layanan Internet untuk BUMDes

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjalin kerja sama untuk memfasilitasi layanan internet bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).  Melalui kerja sama ini, XL Axiata akan memberikan layanan internet service provider (ISP) kepada dua BUMDes.

Kesduanya yaitu BUMDes Gerbang Lentera di Semarang dan BUMDes Bumi Dipasena Jaya di Tulang Bawang, Lampung. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Tripartit antara XL Axiata, BAKTI dan BUMDes pada Selasa, (16/2).

Direktur Layanan Telekomunikasi Informasi untuk Badan Usaha BAKTI Kominfo, Dhia Anugrah Febriansa mengatakan, dampak pandemi Covid-19 telah dirasakan sebagian besar masyarakat Indonesia, termasuk di pedesaan. Minimnya akses internet yang memadai berdampak terhadap lambatnya daya serap masyarakat baik dari sisi perekonomian,  pendidikan, hingga sektor lain.

Banyaknya usaha di bawah BUMDes menjadikan lembaga ini sebagai wadah terbaik khususnya bagi pelaku usaha kecil dan menengah untuk berkembang. “Kerjasama ini hadir dalam bentuk layanan internet dari XL Axiata bagi BUMDes melalui ISP. Kami memfasilitasi dan memberikan peluang bagi semua pihak yang ingin bekerjasama mendukung percepatan pertumbuhan berbagai sektor di pedesaan,” terangnya, dalam rilis, Ahad (21/2).

Chief Enterprise dan SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan, kedua BUMDes akan menerima layanan internet XL Axiata sesuai kebutuhan. “Penyaluran dan pemanfaatan layanan sepenuhnya akan digunakan masing-masing BUMDes baik untuk mendukung proses usaha, bisnis dan pendidikan,” terang Feby.

XL Axiata juga mendorong percepatan pembangunan ekonomi digital dengan melakukan berbagai macam pelatihan guna memasarkan produk secara digital. Aehingga bisnis dapat menyasar kepada pasar yang lebih luas lagi. Selain itu pihaknya juga berharap ke depannya kerjasama ini akan menyasar lebih banyak BUMDes di Indonesia.

Direktur Pengembangan Kelembagaan Ekonomi & Investasi Desa Daerah Tertinggal & Transmigrasi Kemendes PDDP, Nugroho Sety menjelaskan, kerjasama BUMDes dgn ISP akan menjamin keberlanjutan keberadaan infrastruktur & jaringan internet. Selain itu pada saat yang bersamaan BUMDes dapat berperan sebagai centre of digital learning bagi masyarakat desa.

Sehingga mempercepat terbentuknya ekosistem digital di desa secara umum dan secara khusus mendorong proses produksi hingga pemasaran yang lebih efisien. “Selama tiga tahun ke depan, XL Axiata akan menyediakan layanan internet yang secara khusus bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh kedua BUMDes dan masyarakat setempat dalam mengembangkan usaha mereka,” terang Nugroho.

Guna terus mendukung pemanfaatan internet oleh masyarakat di pedesaan, XL Axiata terus melanjutkan proses fiberisasi jaringan. Fiberisasi ini untuk mendukung peningkatan kualitas jaringan data di setiap area.

Salah satu manfaat dari proses ini adalah kapasitas jaringan transport menjadi lebih besar. Fiberisasi terbukti mampu meningkatkan kualitas jaringan untuk menopang sejumlah layanan data dengan kapasitas besar maupun layanan yang dibutuhkan para pelaku usaha di pedesaaan seperti market placestreaming video, hingga pemanfaatan internet of things (IoT). (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER