Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Awas, Aplikasi Palsu Clubhouse di Android, Bisa Nyedot Data Pengguna

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Nama Clubhouse sedang melambung. Media sosial ini menjadi pembicaraan netizen. Menariknya, jika ingin masuk ke Clubhouse hanya lewat undangan. Persis seperti Google Mail di masa lalu. Dan Clubhouse baru berlaku untuk Apple Store.,

Menurut Kaspersky terdapat dua hal penting yang harus diwaspadai. Pertama, the sale of invites (penjualan undangan) dan aplikasi palsu. Kedua skenario disatukan oleh satu hal, yaitu keinginan mengeksploitasi minat para pengguna di platform sosial.

Skenario pertama adalah monetisasi dalam skala kecil. Namun, skenario kedua sifatnya jauh lebih serius. Para pelaku kejahatan siber dapat mendistribusikan kode berbahaya dengan menyamar sebagai perangkat lunak populer. Misalnya, versi palsu Clubhouse untuk Android.

Aplikasi palsu berbahaya ini kemudian dapat melakukan persis seperti yang Anda izinkan dalam pengaturan keamanan Android Anda. Seperti untuk memperoleh titik lokasi perangkat baik kasar maupun akurat, merekam audio dan video, mendapatkan akses ke messenger dan lannya.

Beberapa trik yang tidak biasa juga memungkinkan terjadi. Misalnya, jika para pelaku kejahatan siber mengimplementasikan kapasitas untuk merekam audio, dan fungsi ini diizinkan pada perangkat, mereka akan dapat menggunakan rekaman berkualitas tinggi untuk melatih algoritme mesin mereka, untuk membuat deep fake yang lebih canggih.

“Cara terbaik untuk menjaga keamanan adalah dengan selalu waspada tentang apa yang diunduh, dan menjaga pengaturan keamanan secara tepat pada ponsel cerdas Anda,” ujar Denis Legezo, pakar keamanan di Kaspersky, Minggu (21/2). (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER