Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Fokus Telkomsel di 2021: Lanjutkan Pemerataan Infrastruktur dan Kualitas Broadband 4G/LTE

BACA JUGA




Fintechnesia.com | Tahun ini  Telkomsel berupaya meneruskan pemerataan infrastruktur dan kualitas broadband 4G/LTE. Fokusnya peningkatan pengalaman gaya hidup digital pelanggan.

Termasuk memastikan kenyamanan pelanggan beradaptasi dengan kebiasaan baru di masa pandemi. Tahun lalu, Telkomsel menuntaskan pembangunan BTS 4G/LTE. Melebihi target awal tahun 2020.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, tingginya kebutuhan pengalaman gaya hidup digital masyarakat, Telkomsel mengarahkan pembangunan pemerataan infrastruktur dan kualitas broadband dengan pemerataan akses 4G/LTE. Didampingi penambahan kapasitas dan kecepatan jaringan. 

“Komitmen ini diharapkan membuka lebih banyak peluang dan kesempatan bagi masyarakat meningkatkan produktivitas dan memaksimalkan aktivitas keseharian melalui pemanfaatan jaringan broadband Telkomsel,” terang Nugroho, Kamis (25/2).

Tahun lalu Telkomsel mencatat lonjakan trafik payload layanan broadband  cukup signifikan. Telkomsel juga lll berupaya memenuhi kenyamanan masyarakat dengan optimalisasi pengamanan quality of service (QoS) jaringan di sepanjang 2020 lalu guna menjaga pengalaman pelanggan dalam melakukan aktivitas digitalnya.

Berdasarkan analisisSpeedtest® Global Index yang disusun Ookla, selama semester II 2020, Telkomsel memiliki kecepatan akses broadband tertinggi. Dengan capaian Speed Score sebesar 22,22 Mbps.

Telkomsel juga paling unggul dalam menghadirkan latensi paling rendah, yaitu 33 ms. Catatan tersebut semakin lengkap lantaran Telkomsel mampu menghadirkan performa jaringan paling konsisten, dengan Consistency Score sebesar 83,6%.

Telkomsel juga akan melanjutkan fokus pada pengembangan cakupan layanan VoLTE. Aerta mengkaji penerapan teknologi pendukung terbaru seperti Open RAN di Indonesia guna memastikan kesetaraan pengalaman broadband masyarakat terpenuhi.

Untuk pemerataan jaringan broadband 4G/LTE di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T)  Telkomsel telah menggelar lebih dari 2.000 BTS di seluruh wilayah 3T hingga perbatasan negara. Ini bagian dari proyek BTS Universal Service Obligation (USO), yaitu kolaboratif bersama Badan Aksesibilitas dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) mewujudkan pemerataan dan kesetaraan akses broadband di seluruh Indonesia.

Selain itu, untuk mendukung kewajiban menghadirkan jaringan broaband di wilayah non-3T yang belum mendapatkan akses internet cepat. Telkomsel telah berkomitmen menggelar 1.500 BTS 4G/LTE. Sesuai amanat pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER