Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Keren, Jalan Tol di Indonesia Dipersenjatai Kecerdasan Buatan, Begini Cara Kerjanya

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Universitas Gadjah Mada (UGM) Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) seperti Waskita Toll Road dan Astra Infras Solution, merapkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Teknologi ini berupa pemantauan kualitas jalan yang diterapkan pada beberapa ruas tol secara bertahap. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumaham Rakya (PUPR)turut memfasilitasi kerjasa tersebut. Tujuan kerja sama tersebut menghasilkan pelaksanaan pembangunan hingga pengelolaan infrastruktur jalan tol berkualitas.

Penyelenggaraan jalan tol di seluruh Indonesia harus semakin diiringi inovasi terus menerus. Transformasi, Inovasi, dan Modernisasi (TIM) juga menjadi pedoman BPJT Kementerian PUPR guna menghasilkan target capaian jalan tol berkelanjutan di masa depan. Mengacu pada teknologi toll road 4.0.

Kepala BPJT Kementerian PUPR, Danang Parikesit, dalam rilis resmi, mengatakan melalui kerjasama UGM, BPJT dan BUJT,akan memantau kualitas permukaan jalan yang harus terus terpelihara dan terkondisi. Sehingga kepuasan masyarakat meningkat.

“Pengoperasian Jalan Tol hingga 2024 mendatang terus memasuki era pemanfaatan teknologi yang semakin berkembang. Sehingga teknologi ini dirasa sangat tepat untuk memantau hingga mengelola aset jalan tol,” ujar Danang, Rabu (24/2).

Teknologi AI diterapkan pada jalan tol Tangerang- Merak, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan beberapa ruas tol lainn. Nantinya dapat diterapkan secara jangka panjang pada jalan tol operasi di Indonesia. Saat musim hujan, teknologi AI sangat dibutuhkan guna memantau kualitas jalan tol. (eko, indowork.id)

Artikel ini telah tayang di Indowork.id

Artificial Intelligence Untuk Jalan Tol, UGM Temukan Teknologi Buatan Anak Negeri


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER