Jumat, 19 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Grab dan Good Doctor Dirikan Pusat Vaksinasi Covid Drive Thru Pertama di Asia Tenggara

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Kementerian Kesehatan menggandeng Grab, dan Good Doctor sebagai mitra sektor swasta pertama yang akan melaksanakan program vaksinasi . Grab dan Good Doctor akan menjalankan pusat vaksinasi berupa pilihan jalur drive thru pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

Kementerian Kesehatan mengundang para pelaku industri menyukseskan program vaksinasi tahap kedua. Yang menargetkan para pekerja di sektor publik, termasuk perhotelan, pariwisata, dan transportasi.

Pusat vaksinasi pertama beroperasi di Bali mulai 27 Februari sampai 5 Maret 2021 untuk gelombang 1. Lalu 13-19 19 Maret 2021 untuk gelombang 2.

Pusat vaksin di Bali menargetkan memvaksinasi lebih dari 5.000 pekerja sektor pariwisata, pelaku transportasi umum, mitra pengemudi dan pengantaran layanan transportasi daring (ride-hailing) yang tinggal di Bali. Hal ini bertujuan untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) dan mempercepat pemulihan industri wisata di Bali.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, membangun pusat vaksinasi merupakan prioritas nasional dan program berskala besar. Hal ini membutuhkan dukungan dari berbagai pihak termasuk sektor swasta seperti Grab dan Good Doctor.

“Kami juga telah mengundang beberapa perusahaan lain. Kami yakin dapat mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 berkat dukungan dan kemitraan dengan sektor swasta. Vaksinasi tahap 2 ini untuk memberikan perlindungan kepada lebih dari 16,9 juta petugas layanan publik yang bekerja di wilayah yang rentan terpapar COVID-19 dan juga warga lansia,” terang Budi, Ahad (28/2).

Grab dan Good Doctor menjalankan pusat vaksinasi di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali di bawah pengawasan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Memanfaatkan layanan GrabHealth yang didukung infrastruktur digital Good Doctor, proses pra-registrasi dan penanganan data vaksinasi akan dilakukan secara efisien dan cepat melalui kerja sama yang erat dengan pemerintah.

Penerima vaksin COVID-19 dari sektor pariwisata dan transportasi publik akan mendapatkan undangan melalui pesan singkat yang harus ditunjukkan sebagai syarat untuk masuk ke pusat vaksinasi. Sementara itu, mitra pengemudi dan pengantaran layanan transportasi daring (ride-hailing) akan diinformasikan melalui pesan singkat dan juga pesan di aplikasi mitra pengemudi Grab. Mereka wajib menunjukkan undangan sebelum dapat divaksinasi.

Sejumlah 31 dokter dan perawat akan ditempatkan di area pra-registrasi. Lalu 16 dokter dan perawat akan ditempatkan di area layanan drive thru. Grab Vaccine Center di Bali diperkirakan mampu memberikan 840 suntikan dalam sehari. Dengan total 5.000 vaksinasi sepekan.

Targetnya emvaksinasi 2.500 pekerja di sektor pelayanan transportasi, termasuk pengemudi angkutan umum, mitra pengemudi dan mitra pengantaran Grab. Lalu 2.500 pekerja publik di sektor pariwisata di Pulau Dewata. Hanya mereka yang memperoleh undangan yang dapat divaksin berdasarkan skala prioritas dari Kementerian Kesehatan dan tidak akan ada registrasi di tempat.

Grab dan Good Doctor berencana mendirikan pusat vaksinasi di Bandung dan Tangerang Selatan pada bulan Maret 2021. Menargetkan total 15.000 pekerja sektor pelayanan publik dan lansia. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER