Selasa, 26 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Modal Rakyat Gandeng BRI Agro Salurkan Pembiayaan Agen Pulsa Payfazz

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Perbankan dan perusahaan financial technology (fintech) saling melengkapi. Fintech Modal Rakyat misalnya mendukung akses permodalan usaha mikro dan kecil (UMK). Keduanha berupaya membangun ekosistem digital finansial.

Tapi  Modal Rakyat tak bisa sendiri. Fintech lending ini menggandeng BRI Agro menyalurkan pembiayaan bagi agen pulsa. Pola kerjasama pembiayaan bagi agen pulsa melibatkan Payfazz, salah satu mitra Modal Rakyat di bidang ekosistem PPOB (Payment Point Online Bank). Langkah ini berupaya membangun ekosistem digital finansial.

Porsi penyaluran Modal Rakyat 90% merupakan kredit produktif segmen UMKM. Untuk segmen mikro, Modal Rakyat menyalurkan pembiayaan bagi agen pulsa pada ekosistem Payfazz,” jelas Ebeneser Girsang, Direktur Utama BRI Agro, Ahad (7/3).

Penyaluran ini diharapkan meningkatkan kapasitas para agen pulsa, baik dari sisi transaksi, layanan, hingga peningkatan kualitas bisnis. “Saat ini dukungan fintech lending dan perbankan sangat diperlukan untuk meningkatkan perekonomian, khususnya pada masyarakat yang masih unbanked,” ungkap Hendoko, CEO Modal Rakyat.

Pengunaan kredit untuk menambah modal usaha, sehingga bisnis para agen pulsa dapat berkembang lebih besar lagi. Mitigasi risiko dalam seleksi calon peminjam melalui beberapa tahapan.

Memastikan agen telah lolos verifikasi akun di aplikasi Payfazz, validasi data pengajuan, menganalisis kualitas transaksi agen dalam aplikasi,
verifikasi agen calon peminjam melalui video call hingga analisis riwayat pinjaman yang pernah diajukan di Modal Rakyat.

Penyaluran pembiayaan kepada agen mulai Rp 500.000 hingga Rp 2 juta. Dengan periode 7-14 hari kalender. “Adapun agen yang dapat menerima pembiayaan melalui Modal Rakyat harus sudah terdaftar sebagai Agen Payfazz” tambah Hendoko.

BRI Agro telah menyalurkan pinjaman kepada UMKM melalui Platform Modal Rakyat hingga sekitar Rp 10 Miliar pada posisi Desember 2020. “Dengan pembiayaan kepada Agen Payfaz ini, menyasar segmen ultra mikro dengan pinjaman Rp 1 juta – Rp 5 juta per Agen Payfazz.

“Hingga akhir tahun 2021, kami harap melayani Agen Payfazz yang potensinya kuran lebih 200.000 agen. Sebagai salah satu bank penyalur kredit usaha rakyat
(KUR), BRI Agro juga akan memberikan kredit modal kerja kepada Agen Payfazz yang telah memiliki usaha di sektor perdagangan untuk meningkatkan usahanya,” ungkap Ebeneser. (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER