Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Singapore Airlines Uji Coba Aplikasi Seluler Travel Pass IATA

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Singapore Airlines (SIA) akan menjadi maskapai penerbangan pertama dunia yang melakukan uji coba aplikasi seluler Travel Pass International Air Transport Association (IATA). Aplikasi verifikasi kesehatan digital, dimulai dengan penumpang yang melakukan perjalanan dari Singapura ke London dari 15 hingga 28 Maret 2021.

Ini menandai fase kedua uji coba proses verifikasi kesehatan digital SIA. Berdasarkan pada kerangka kerja IATA Travel Pass.

Penumpang dengan ponsel yang menggunakan sistem operasi iOS Apple akan diundang untuk mengunduh aplikasi IATA Travel Pass. Dan membuat ID digital yang terdiri dari foto profil dan informasi paspor mereka. Mereka juga dapat memasukkan informasi penerbangan mereka ke dalam aplikasi.

Selanjutnya, mereka dapat memesan tes Covid-19 sebelum keberangkatan di salah satu dari tujuh klinik di Singapura. Mereka kemudian dapat mendaftar di klinik menggunakan ID digital dan informasi penerbangan di aplikasi.

Hasil tes dapat dilihat langsung di aplikasi beserta dengan status konfirmasi untuk perjalanan.  Data-data di Timatic IATA akan memberikan informasi tentang pengujian Covid-19 dan persyaratan masuk.

Peserta harus menunjukkan status terkonfirmasi mereka di aplikasi kepada staf check-in di Bandara Changi sebelum keberangkatan penerbangan. Sejalan persyaratan peraturan saat ini, mereka juga harus membawa salinan fisik sertifikat kesehatan yang dikeluarkan oleh klinik tempat mereka menjalani tes Covid-19.

Dengan menggabungkan verifikasi kredensial kesehatan ke dalam satu aplikasi, peserta dapat mengharapkan proses check-in yang lebih cepat dan lancar. Peserta akan memiliki kendali penuh bagaimana informasi pribadi mereka dibagikan.

Data disimpan secara lokal di ponsel dan bukan di database manapun. Hal ini penting mengingat sifat data kesehatan sangat sensitif.

Jika berhasil, uji coba ini akan membuka jalan bagi integrasi seluruh proses verifikasi kesehatan digital ke dalam aplikasi seluler SingaporeAir mulai sekitar pertengahan 2021.

SIA akan terus bekerja sama dengan mitranya di Singapura dan di seluruh dunia untuk memfasilitasi uji coba ini. Dan menuju pemulihan pengalaman perjalanan yang mulus bagi pelanggan.

JoAnn Tan, Acting Senior Vice President Marketing Planning, Singapore Airlines mengatakan, tahap pertama uji coba membantu mendukung upaya SIA menuju standar industri yang aman dan nyaman verifikasi hasil uji Covid-19. Juga status kesehatan penumpang termasuk status vaksinasi mereka, di masa mendatang.

“Hal ini memberi kami keyakinan, dapat lebih merampingkan proses verifikasi integrasi ke dalam aplikasi seluler SIA. Ini akan membantu memberikan solusi digital yang tidak merepotkan bagi pelanggan dalam kehidupan normal baru. Dan membantu menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih mulus,” terang JoAnn, Selasa (9/3). (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER