Minggu, 14 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Inilah Tiga Destinasi Pilihan Wisata Populer Traveloka di Awal Tahun 2021

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Memasuki tahun 2021, minat masyarakat melakukan perjalanan wisata terhitung cukup tinggi. Berdasarkan survei internal Traveloka terhadap pengguna, 35% responden menyatakan tertarik untuk berlibur di awal tahun 2021.

Hal ini didukung perubahan minat dan perilaku masyarakat, khususnya dalam berwisata, yang terbentuk sejak pandemi melanda. Tak hanya menerapkan protokol kesehatan, masyarakat kini lebih memiliki minat yang tinggi melakukan wisata alam. Juga menginginkan fleksibilitas pemesanan dalam perencanaan perjalanan.

Selain wisata alam, staycation, wisata budaya, rekreasi dan kuliner juga menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini sesuai riset Traveloka. Sebanyak 72% responden menyatakan ingin mengunjungi destinasi wisata alam di luar kota tempat tinggal.

Sementara responden lain ingin mengunjungi objek wisata, kuliner, serta seni dan budaya di sekitar kota tempat tinggal atau kampung yang akan dikunjung. Akhir pekan maupun perayaan hari besar juga menjadi salah satu favorit para pengguna, staycation serta pencarian hotel, vila, dan apartemen di luar kota juga meningkat 15% dibanding akhir tahun 2020.

Traveloka telah merangkum destinasi perjalanan yang paling diminati di Indonesia di awal tahun 2021.

  1. Jakarta (30%)
    Berada di peringkat ketiga dengan rata-rata persentase pencarian mencapai 30%, Jakarta menjadi salah satu destinasi paling dicari awal tahun ini. Sebagai salah satu kota terpadat, Jakarta memiliki pesona tersendiri, menjadikan salah satu ibu kota paling menarik di Asia Tenggara.
  2. Daerah Istimewa Yogyakarta (37%)
    Jika di akhir tahun 2020 Daerah Istimewa Yogyakarta berada di peringkat ke-4 dengan rata-rata persentase pencarian 7%, di awal 2021 destinasi liburan paling dicari di Indonesia ini melesat menjadi peringkat ke-2. Dengan rata-rata persentase pencarian mencapai 37%.
    Selain terkenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga merupakan salah satu kota wisata populer yang ada di Indonesia. Daya tarik wisata di Yogyakarta sangat beraneka ragam mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata alam yang menawarkan pemandangan eksotis. Kota ini juga merupakan “rumah” para seniman tanah air. Mengunjungi berbagai galeri seni di Jogja, bisa jadi salah satu inspirasi untuk tujuan wisata berikutnya.
  3. Bali (52%)
    Sudah bukan rahasia jika pulau Bali merupakan primadona wisata dunia. Sebagai destinasi wisata terpopuler, Bali kembali mendominasi rata-rata pencarian sebesar 52%, mengungguli destinasi wisata di Indonesia lainn Pencarian destinasi Bali paling populer di aplikasi Traveloka cukup beragam. Mulai pilihan akomodasi seperti hotel, vila, resort, hingga homestay di area Kuta, Seminyak, Nusa Dua, Canggu, Ungasan dan Ubud, lalu diikuti pilihan penerbangan, aktivitas rekreasi dan kuliner. Bali juga dipilih sebagai destinasi workation dikarenakan banyaknya pilihan akomodasi untuk bekerja dari hotel dan vila, juga beberapa coworking space di area Canggu.

Traveloka menghadirkan berbagai fitur yang akan membantu para pengguna menjadi smart and responsible traveler. Seperti Traveloka Clean Partners, yang salah satunya adalah CleanAccommodation. Fitur ini memudahkan pengguna mencari dan mengkurasi akomodasi yang telah berkomitmen menjalankan protokol kesehatan dan kebersihan sesuai standar Kementerian Kesehatan dan WHO serta telah mendapatkan sertifikat CHSE resmi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Traveloka juga menghadirkan fitur penunjang lainnya saat menginap. Yaitu meminimalisir kontak saat check-in di resepsionis melalui fitur Hotel Online Check-in di beberapa hotel. Traveloka juga menghadirkan fitur bayar saat check-in, yang kini telah menjadi salah satu fitur yang paling diminati. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER