Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

ALAMI Menyalurkan Pembiayaan Syariah ke Mitra dan Pelanggan BukaPengadaan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Perusahaan fintech peer to peer (P2P) lending syariah ALAMI menggandeng BukaPengadaan, salah satu lini bisnis Bukalapak di sektor e-procurement. ALAMI menyalurkan pendanaan syariah ke mitra dan pelanggan BukaPengadaan.

Saat ini, UMKM terus dipacu untuk mampu bertahan dari dampak pandemi. Salah satunya dengan dukungan pemerintah agar mereka bisa bersaing di pasar yang lebih besar lewat bisnis pengadaan digital (e-procurement). Melalui BukaPengadaan, UMKM dapat naik kelas dengan menjadi penyedia barang dan jasa bagi korporasi dan pemerintah.

Pendanaan syariah ALAMI diharapkan menjadi pilihan bagi UMKM dan partner BukaPengadaan yang ingin merealisasikan spirit hijrah finansial untuk bisnis mereka. Secara umum, skema pembiayaan ini dapat dimanfaatkan melalui fitur BukaPengadaan yang terintegrasi pada platform Bukalapak. “Sehingga opsi pembiayaan yang praktis dapat digunakan UMKM dalam memenuhi permintaan dan juga oleh pelanggan untuk setiap transaksi pengadaan,” jelas Dima Djani, CEO ALAMI, Selasa (16/3).

Masuknya ALAMI ke sektor pendanaan untuk e-procurement ini dipandang sebagai langkah strategis dalam membangun inklusivitas pembiayaan syariah di Indonesia. “Kami ingin mempermudah UMKM terus produktif dan punya pilihan yang sesuai dengan prinsip-prinsip para owner. Pembiayaan syariah dari ALAMI kami harap bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Ini saatnya UMKM naik kelas untuk memenuhi kebutuhan pengadaan di skala B2B dan B2G,” papar Dima.

Direktur BukaPengadaan, Hita Supranjaya menyambut baik sinergi bersama ALAMI untuk memberikan pilihan pembiayaan bagi UMKM mitra BukaPengadaan. Terlebih lagi, saat ini tren masyarakat ke opsi pembiayaan syariah cenderung naik. “Sehingga beragamnya pilihan pendanaan, kami berharap para pelaku usaha bisa lebih fokus mengembangkan bisnis,” jelas Hita.

Hita mengungkapkan sejak dirilis pada 2016, BukaPengadaan telah terintegrasi dengan marketplace Bukalapak, yang menghubungkan BukaPengadaan dengan 6,5 juta pelapak untuk menawarkan ratusan juta produk. Artinya, BukaPengadaan selalu berupaya memperkuat peran UMKM dalam mendukung sektor e-procurement.

Di tahun 2020, Buka Pengadaan juga ditunjuk sebagai mitra operator oleh LKPP bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas UMKM menjadi supplier untuk pengadaan pemerintah. Selain itu, untuk membantu pemerintah dalam masa pandemi, BukaPengadaan juga ditunjuk bekerja sama dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) untuk mendistribusikan 50.000 bantuan ke seluruh Indonesia. “Dan selama pandemi BukaPengadaan tumbuh 2 kali lipat untuk seluruh produk yang terjual,” tambah Hita.

Hingga Februari 2021, ALAMI telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 428 miliar. Serta mempertahankan TKB 90 di angka 100%. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER