Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Tokopedia Dorong UMKM Lokal Lewat Inisiatif Hyperlocal

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Tokopedia mendukung pegiat usaha lokal melalui inisiatif hyperlocal. “Ini demi mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia,” kata Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho, Senin (15/3).

Trian bersama lebih dari 100 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) membantu UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia meningkatkan daya saing bisnis – khususnya di tengah pandemi – lewat pemanfaatan teknologi.

“Kami menyadari pentingnya peran UMKM lokal dalam menggerakkan perekonomian daerah. Kami terus memberikan pendampingan dan edukasi. Misal dalam bentuk webinar, bagi pebisnis baru. Tokopedia juga kerap mengadakan community gathering melalui media sosial, yang bisa menjadi wadah bagi para penjual untuk saling bertukar informasi,” jelas Trian.

Beragam program dihadirkan Salah satunya Kumpulan Toko Pilihan (KTP), yang dimulai pada Oktober 2020 silam. “Program ini mempermudah masyarakat mendapatkan beragam produk dari penjual setempat. Sekaligus membantu penjual setempat mempertahankan bisnis dan berkontribusi ke perekonomian daerah,” lanjut Trian.

Sejak awal diadakan, kenaikan transaksi pada penjual di program KTP berhasil meningkat hingga lima lipat. Selain itu, jumlah pembeli baru di Tokopedia – di kota-kota yang menjadi fokus Tim RGX – seperti Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang dan Makassar, melonjak hingga 11 kali lipat.

Trian dan tim juga konsisten berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, termasuk pemerintah daerah, demi mengakselerasi adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya UMKM lokal. Misalnya melalui kegiatan online, seperti Jatim Fair dan Festival Produk Lokal Kota Batu.

Selama pandemi, penjual di Tokopedia, yang hampir 100%l UMKM lokal meningkat. Semula lebih dari 7,2 juta penjual (Januari 2020) menjadi lebih dari 10 juta saat ini. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER