Jumat, 29 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Perangi Hoaks, WhatsApp, Kominfo dan ICT Watch Gelar Literasi Digital

BACA JUGA




FinTechnesia.com | WhatsApp, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan ICT Watch Rabu (17/3) meluncurkan kampanye Literasi Digital yang berlangsung setahun. Langkah ini untuk melawan penyebaran disinformasi sekaligus meningkatkan kesadaran terhadap perlindungan data pribadi.

Salah satu program dalam kampanye ini adalah pelatihan bagi lebih dari 20.000 orang di pelosok Indonesia. Mulai siswa, guru, orang tua, hingga komunitas-komunitas lokal dan para pelaku UMKM.

Kampanye ini diharapkan dapat membekali masyarakat Indonesia dengan menjaga privasi dan keamanan mereka dalam ranah daring. Selain itu, edukasi cara mengidentifikasi hoaks, terutama terhadap isu seputar COVID-19, juga menjadi fokus dari program ini guna terus mendukung upaya pemerintah menangani pandemi.

“Pandemi telah memaksa kita untuk bermigrasi, termasuk untuk bisnis dan sekolah, dari luring ke ranah daring,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Samuel A. Pangerapan, Rabu (17/3).

Namun, akselerasi digitalisasi juga berpengaruh terhadap isu privasi dan perlindungan data pribadi serta disinformasi, termasuk yang berkaitan dengan COVID-19 dan vaksinasi. Oleh karena itu, pengetahuan dan keterampilan digital sangat diperlukan agar masyarakat Indonesia dapat berkembang di era ini. “Kami berharap lebih banyak inisiatif seperti yang dilakukan oleh WhatsApp dan ICT Watch di masa mendatang,” lanjut Sammy, sapaan Samuel.

Ada lima program utama yang menjadi landasan kampanye ini, “Melalui kerja sama dengan ICT Watch selama dua tahun terakhir ini, kami telah memberikan pelatihan literasi digital kepada lebih dari 17.000 orang di seluruh Indonesia,” kata Will Cathcart, Global Head of WhatsApp. Termasuk pelajar, guru, aktivis, komunitas lokal, dan pengusaha kecil di 19 kota. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER