Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dirikan Pusat R&D Terbaru, vivo Terus Kembangkan Teknologi Fotografi Seluler Profesional

BACA JUGA




FinTechnesia.com | vivo memperkuat kompetensinya dalam inovasi fitur fotografi profesional. Setelah mengumumkan kemitraan jangka panjang dengan ZEISS, pemimpin global dalam bidang optik dan opto-elektronik serta pelopor di bidang profesional dan pencitraan seluler (mobile imaging), vivo kembali mengumumkan pendirian pusat R&D terbaru di Xi’An, Tiongkok. Tujuannya mendukung pengembangan teknologi berbasis fotografi vivo yang semakin inovatif.

Edy Kusuma, Senior Brand Director vivo Indonesia mengatakan, pengembangan fungsi kamera menjadi salah satu long track phase vivo. Mendukung tujuan tersebut, investasi pada riset sangat dibutuhkan demi menembus keterbatasan teknologi fotografi seluler yang dihadapi saat ini. “Diharapkan, pembangunan pusat R&D ini akan mendukung pengembangan jangka panjang untuk beragam inovasi dan produk unggulan vivo ke depan, khususnya dalam fitur fotografi,”kata Edy, Senin (22/3).

Hadirnya pusat R&D vivo di Xi’An menambah deretan sarana riset vivo yang tersebar di berbagai negara. Sebelumnya, vivo telah memiliki sembilan pusat R&D. Cakupan penelitiannya meliputi pengembangan teknologi jaringan 5G dan 6G, kecerdasan buatan (AI), eksplorasi desain, serta mobile imaging.

Saat ini, rangkaian pusat R&D vivo didukung oleh 700 teknisi profesional. Dengan spesialiasi pada pengembangan perangkat keras dan lunak, serta formulasi algoritma.

Sebelumya vivo juga telah menjalankan kerjasama dengan ZEISS, produsen optik terdepan asal Jerman, dengan mendirikan R&D gabungan,vivo ZEISS Imaging Lab. Kemitraan mencakup pembuatan sistem mobile imaging. Yaitu vivo ZEISS Co-engineered Imaging System, yang akan diterapkan secara berkelanjutan di dalam smartphone seri flagship vivo.

“Dengan sinergi ini, teknologi lensa ZEISS diharapkan akan secara signifikan meningkatkan performa fitur fotografi yang makin profesional pada seri flagship vivo.” ujar Edy.

vivo membawa teknologi Gimbal Stabilization Camera pertama kali dalam smartphone. Teknologi ini perdana diluncurkan secara komersial pada vivo X50 series di tahun 2020 lalu. Setelah muncul pada purwarupa APEX. vivo menyematkan teknologi Gimbal yang tipikal digunakan untuk fotografer dan sinematografer profesional untuk hasil pencitraan yang lebih stabil, dalam desain smartphone yang ramping dan ergonomis serta andal untuk pengambilan gambar dan video.

Pengembangan teknologi Gimbal Stabilzation Camera terbaru terus dilakukan dan akan terimplementasi melalui generasi flagship X Series terbaru, yaitu vivo X60 Series, yang resmi meluncur di pasar Tiongkok pada Desember 2020.X60 Series menjadi seri pertama vivo yang menempatkan vivo ZEISS Co-engineered Imaging System untuk performa kamera semakin canggih dan profesional. Seri X60 telah telah dikonfirmasi akan memasuki pangsa pasar lainnya seperti India dan Malaysia dalam waktu dekat.(sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER