Minggu, 24 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Jelang Pembentukan Holding BUMN Jasa Survei, Telkom Siapkan Solusi Digital

BACA JUGA




FinTechnesia.com | BUMN sebagai agen pembangunan berperan besar menyukseskan berbagai program pemerintah. Termasuk menjalin kerja sama strategis yang dapat mendorong efisiensi serta peningkatan kinerja.

Salah satunya program Kementerian BUMN membentuk holding BUMN jasa survei. Terdiri dari PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Sucofindo (Persero), dan PT Surveyor Indonesia (Persero). Diharapkan dengan terbentuknya holding ini kelak Indonesia dapat bersaing mutlak menjadi Top 5 Assurance Company di Asia dalam lima tahun ke depan.

Guna mensukseskan program tersebut, Direktur Enterprise & Business Service PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), Edi Witjara meneken nota kesepahaman dengan Direktur Utama PT Biro Klasifikasi Indonesia, Rudiyanto, diwakili oleh Direktur Pengembangan Sumber Daya, Saifudin Wijaya, tentang Sinergi Pemanfaatan Sumber Daya Perusahaan.

Ruang lingkup kerja sama ini meliputi pemanfaatan jasa telekomunikasi dan informasi. Termasuk konektivitas digital, platform digital dan layanan digital yang dikelola dan dikembangkan kedua pihak. Di antaranya pengembangan inovasi dan riset bersama untuk mendukung dan mensukseskan program pemerintah dalam membangun satu data Indonesia, pengembangan arsitektur sistem informasi, implementasi, dan pembuatan program-program aplikasi yang mendukung operasional BKI secara transparan, akurat dan efektif. Serta aspek kerja sama lain yang dipandang perlu secara sinergis yang menguntungkan bagi kedua pihak.

Edi mengatakan bahwa Telkom, siap mendukung holding melalui penyediaan solusi digital platform layanan shared service operation (SSO) untuk implementasi global shared service dan ERP Business Planning & Consolidation pada BUMN Holding.

“Dengan infrastruktur, platform, dan layanan digital yang dimiliki, kami berkomitmen sepenuhnya mendukung pengembangan digitalisasi core business BKI. Yaitu testing, inspection, dan certification, disingkat TIC, serta roadmap BKI,” ujar Edi, Jumat (26/3).

BKI aktif dalam menjalin kolaborasi antar BUMN di Indonesia. Salah satunya dengan sektor telekomunikasi. “Kami memerlukan dukungan dari Telkom sebagai BUMN yang bergerak dalam bidang ICT untuk turut mensukseskan roadmap digitalisasi BKI,” ujar Saifudi.

Dengan kerjasama ini, Telkom semakin memposisikan diri sebagai trusted partner dalam mendukung transformasi digital enterprise company. Sebelumnya telah menjadi enabler digitalisasi SPBU Pertamina, digitalisasi distribusi dan vaksinasi Indonesia Biofarma serta beberapa program digitalisasi lain. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER