Minggu, 14 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Bank Mandiri Ingatkan Nasabah Ganti Kartu Debit ke Chip

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Nasabah bank sebaiknya segera mengganti kartu debit dari magnetic stripe ke chip. Seiring kebijakan Bank Indonesia (BI) yang mewajibkan penggunaan kartu chip 100% mulai 1 Januari 2022.

“Salah satu tujuan konversi ke chip, meminimalisir tindak kejahatan perbankan dengan modus pencurian data atau skimming, kata Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto, Selasa (30/3).

Untuk mempercepat proses koversi tersebut, Mandiri menerapkan kebijakan penonaktifan kartu debit magnetic stripe secara bertahap. Kebijakan ini telah disosialisasikan melalui website, akun resmi media sosial Bank Mandiri, materi promosi di cabang, informasi di layar ATM serta billboard elektronik, serta informasi blast melalui sms dan whatsapp kepada nasabah sejak awal tahun ini.

Dia menjelaskan kebijakan penonaktifan kartu debit magnetic stripe akan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama mulai 1 April 2021 untuk kartu dengan expiry date 2021-2022. Tahap kedua mulai 1 Juni 2021 untuk kartu dengan expiry date 2023-2025. Tahap ketiga mulai 1 Juli 2021 untuk kartu dengan expiry date 2026-ke atas.

Penggantian kartu chip dapat dilakukan melalui cabang Bank Mandiri terdekat. Juga fasilitas CS Machine (CSM) untuk memudahkan penggantian kartu chip secara online, katanya.

Saat ini, tambahnya, Bank Mandiri telah menempatkan fasilitas Mandiri CSM di lima lokasi strategis. Yaitu Jakarta Pondok Indah Mall, Senayan City Mall, Kota Kasablanka Mall, Mandiri Cabang Depok, dan Mandiri Cabang Bekasi Juanda.

Bank Mandiri berharap dapat memenuhi target BI 100% pada akhir 2021. Per 28 Februari kemarin, jumlah kartu debit chip Bank Mandiri sudah mencapai 78,3% dari target jumlah kartu yang dipersyaratkan chip. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER