Minggu, 14 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Wah, Cerita Roro Jonggrang Bermetamorfosa Dalam Digital Art

BACA JUGA




FinTechnesia.com | HP Inc. Indonesia menggandeng Intel mengumumkan HP Mentorship Project musim ketiga. Kali ini memberikan kesempat bagi kreator untuk saling terhubung dan berkolaborasi ini menerima lebih dari 2.000 peminat dari seluruh Indonesia.

Memanfaatkan teknologi HP Creator Series yang ditenagai prosesor Intel®, 10 kreator terpilih dan para mentor mengisahkan kembali cerita rakyat Roro Jongrang menjadi sebuah instalasi digital art.

Diluncurkan pada 2019, HP Mentorship Project musim pertama dan kedua menerima hampir 4.000 ide dari para kreator muda di bidang fotografi, filmmaking dan produksi musik digital merealisasikan passion project mereka dengan mentoring eksklusif. Program ini sejalan dengan usaha pemerintah mendorong ekonomi kreatif sebagai bagian penting dari ekonomi digital Indonesia yang terus berkembang.

Ketika pandemi menerpa, hampir 50.000 pekerja kreatif terdampak. HP Mentorship Project menjadi wadah yang mendukung para kreator muda terhubung, berkolaborasi dan belajar.

Pada musim ketiganya, HP memperluas program ini ke bidang digital art. Juga mengundang kreator dari seluruh Indonesia untuk mengirimkan portofolio mereka agar mendapatkan kesempatan belajar langsung dari para mentor. Yaitu seniman digital Yudhistira Israel (VNGNC) dan Isha Hening.

Para mentor memilih 10 kreator dengan beragam latar belakang. Seperti motion graphic, projection mapping, animasi 3D, ilustrasi, efek visual. Para kreator terpilih dan mentor berkolaborasi hampir sepenuhnya secara virtual untuk mewujudkan kreativitas tak terbatas
mereka menjadi sebuah instalasi digital art legenda Roro Jonggrang.

Kisah cinta dan pengkhianatan antara pangeran dan seorang putri yang dikutuk ini diceritakan dalam digital art yang diproyeksikan di Gunung Pancar, Jawa Barat. Karena waktu yang dihabiskan di rumah lebih banyak dari sebelumnya, banyak orang beralih ke kreativitas untuk mengekspresikan diri. Sehingga memberikan makna yang lebih dalam pada kreasi mereka.

“Kami di HP percaya, semua orang adalah kreator, dan kami juga memiliki passion dan energi untuk kreativitas yang kian berkembang di Indonesia. HP Mentorship Project diharapkan dapat mendukung dan memfasilitasi para kreator, seiring mereka tumbuh dalam perjalanan kreatifnya melalui berbagai cara baru di masa ini,” ujar Fiona Lee, Managing Director, HP
Indonesia, Kamis (1/4). (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER