Jumat, 22 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Bank BNI Teken Kerjasama Digital Value Chain Pembiayaan Distributor Mitra Semen Indonesia

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dan Bank BNI meneken penandatanganan perjanjian kerjasama solusi digital value chain pembiayaan dstributor mitra SIG. Solusi Digital Value Chain merupakan solusi yang memanfaatkan layanan digital perbankan berupa fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada distributor mitra SIG.

Tujuannya mendukung kelancaran distribusi semen, produk turunan semen dan building material lain. Direktur Utama SIG, Hendi Prio Santoso mengatakan, kondisi perekonomian yang cukup menantang di masa pandemi, menuntut perusahaan mengoptimalkan modal kerja. Yakni melalui pengelolaan kas dengan mempercepat cash convertion cycle. Baik di sisi merusahaan maupun Mmtra SIG. Salah satunya melalui solusi digital host to host untuk pembiayaan distributor mitra SIG dengan tarif yang kompetitif dan solusi agunan yang ringan.

“Keuntungan lain akan diperoleh transparansi arus dokumen dan kas, secara real time, proses pencairan yang lebih fleksibel, kemudahan rekonsiliasi dan administrasi dokumen tagihan, paperless, dan aman,” kata Hendi Prio Santoso, Selasa (6/4). Menurutnya, untuk memenuhi target penjualan domestik tahun 2021 serta rencana launching produk turunan semen maupun bahan bangunan lain di kuartal II-2021, potensi pembiayaan distributor mitra SIG masih cukup besar.

Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar berharap, kerjasama ini dapat memperkuat hubungan antara BNI dan SIG khususnya pada segmen usaha kecil dan menengah. “BNI menyediakan skema distributor financing untuk pembelian produk semen dan building material lain yang dapat dimanfaatkan oleh mitra SIG. Langkah ini dapat mendukung bisnis dan pemberdayaan UKM Mitra SIG,” kata ROyke.

Saat ini, SIG telah menggunakan produk dan layanan BNI. Dari business banking, yakni fasilitas kredit korporasi baik modal kerja maupun investasi, treasury line, trade facility bagi mitra SIG (supplier financing, bank garansi), cash management (cash pooling dan notional pooling) untuk optimalisasi pendanaan SIG Grup. Serta consumer banking, yaitu payroll, Flexi, Griya, kartu kredit, DPLK dan produk layanan BNI lain. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER