Minggu, 24 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Bank Mandiri Dukung Pertamina Kembangkan Mitra Pertashop

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank Mandiri berkomitmen terus mengembangkan meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Kali ini, menggandeng PT Pertamina (Persero) dalam program mitra Pertashop.

Pertashop merupakan outlet penjualan Pertamina dengan skala kecil. Dipersiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM non subsidi, LPG non subsidi dan produk ritel Pertamina lain. Kehadiran Pertashop ini memungkinkan masyarakat membeli BBM lebih dekat ke lokasi dengan harga, kualitas maupun takaran yang sama dengan SPBU Pertamina.

Tahap awal, Bank Mandiri merekomendasikan lebih dari 92.000 debitur UMKM yang merupakan pelaku usaha Pangkalan Elpiji menjadi mitra Pertashop Pertamina. Untuk itu, mereka akan mendapatkan pelatihan teknis dari Pertamina. Serta dukungan pembiayaan dengan skema kredit usaha rakyat (KUR) maupun kredit komersial berupa kredit nodal kerja ataupun kredit investasi guna memenuhi kebutuhan permodalan pada saat pembangunan dan pengoperasian.

Menurut Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto, Bank Mandiri berkomitmen memberikan ruang UMKM kembali bangkit dalam masa pandemi. Antara lain melalui optimalisasi penyaluran KUR maupun kredit UMKM lainnya. Kolaborasi ini salah satu cara mengoptimalkan penyaluran ke segmen UMKM tersebut.

“Kolaborasi antar BUMN ini sangat strategis untuk memberdayakan sektor UMKM sebagai salah satu motor pemulihan ekonomi Indonesia. Serta membantu Bank Mandiri menyalurkan pembiayaan ke sektor yang produktif,” kata Aquarius, Senin (5/4).

Bank Mandiri tak akan menutup kemungkinan menawarkan skema mitra Pertashop ini kepada nasabah dan debitur lain. Ini agar dapat memenuhi target penyaluran KUR perseroan di 2021.

Daei target sebesar Rp 31 triliun pada 2021, Bank Mandiri telah menyalurkan Rp 9,59 triliun kepada 99.162 debitur UMKM dalam tiga bulan pertama tahun ini. Atau mencapai 30,93 % dari total target tersebut.

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri, Susana Indah Kris Indriati menambahkan, siapkan penyediaan channel transaksi melalui Mandiri Agen. Hal tersebut seperti yang telah dilakukan Bank Mandiri melalui penyediaan chanel transaksi SOPP SPBU Pertamina, pangkalan LPG dan transaksi distributor.

“Kedepan, Bank Mandiri akan terus bersinergi dan siap mendukung pengembangan usaha serta rencana bisnis Pertamina Group,” tutur Susana. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER