Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Perkuat Bisnis Digital, Telkom Hadirkan Data Center neuCentrIX Ulin Banjarmasin

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pusat data sang at vital di era digital. Maka, PT Telkom Indonesia Tbk meresmikan data center neuCentrIX (Neutral Cloud & Internet Exchange) kedua di Kalimantan. Atau yang ke-18 di Indonesia.

Data center itu berlokasi di Ulin, Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Selanjutnya disebut sebagai neuCentrIX Ulin. 

Telkom telah membangun neuCentrIX di 13 kota tersebar di Indonesia. Yaitu Medan, Batam, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Manado, Balikpapan, dan Banjarmasin.

Kehadiran neuCentriIX dalam rangka mewujudkan misi mempercepat pembangunan infrastruktur dan platform digital cerdas berkelanjutan, ekonomis, dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Serta mengorkestrasi ekosistem digital demi memberikan pengalaman digital terbaik pada pelanggan. Hal ini juga merupakan wujud komitmen dan strategi Telkom sebagai Global Digital Hub.

Sejalan tingginya kebutuhan internet dan produk digital oleh masyarakat di Indonesia, Telkom terdorong mengakomodasi terwujudnya ekosistem digital. Salah satunya melalui data center neuCentrIX. “Dengan keunggulan coverage terluas dan memiliki akses eyeball terbesar di Indonesia, neuCentrIX mampu memenuhi kebutuhan internet berkecepatan tinggi dan akses produk digital yang akan mendukung perkembangan bisnis ke depan,” jelas Direktur Wholesale & International Service Telkom, Dian Rachmawan, Kamis (8/4).

neuCentrIX Ulin merupakan data center yang berkapasitas 29 rack dan terstandardisasi tier-2. Service level assurance yang dijaminkan memiliki  downtime kurang dari 22 jam dalam satu tahun (99,741% guaranteed availability).

Selain itu, neuCentrIX sudah memiliki ISO 27001 ISMS (Information Security Management System) Certification. Ini jaminan untuk keamanan data bisnis yang berstandar internasional dalam mengelola risiko keamanan informas. Dengan menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi.

“neuCentrIX juga bersifat carrier neutral data center. Pengguna terhubung ke berbagai penyedia  internet service provider dan content provider sehingga memberikan fleksibilitas bagi pelaku usaha dalam mendesain jaringannya” tutur Dian Rachmawan.

Dengan data center neuCentrIX ini diharapkan mengakomodasi kebutuhan produk kolokasi, connectivitycloud, dan produk digital untuk pemerintahan, internet service provider (ISP), dan para start-up. Dan diharapkan neuCentrIX Ulin menjadi meeting point bagi para pelaku digital di Kalimantan sehingga mewujudkan Indonesia sebagai Global Digital Hub. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER