Jumat, 26 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dorong Pembiayaan Perumahan, Bank Syariah Indonesia Salurkan Rp 38 Triliun

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Kepercayaan masyarakat terhadap penyaluran pembiayaan perumahan dari bank syariah terus meningkat. Terbukti terjadi peningkatan nilai pembiayaan perumahan Bank Syariah Indonesia (BSI) sampai triwulan I 2021.

Hingga Maret lalu, BSI telah menyalurkan pembiayaan Griya Hasanah bersubsidi dan non-subsidi sebesar Rp38 triliun. Naik 13,93% secara tahunan year onyear (yoy). Griya Hasanah adalah produk pembiayaan perumahan BSI dengan margin khusus dan tenor sampai 30 tahun. Produk ini bisa diperoleh masyarakat yang hendak membeli rumah tapak maupun apartemen.

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi mengatakan, KPR (kredit pemilikan rumah) syariah ini terbukti tahan banting di tengah pandemi terlihat dari pertumbuhan dobel digit yaitu 13,93%. Tren KPR Syariah masih sangat kuat, karena adanya fasilitas KPR subsidi yang ditopang berbagai stimulus pemerintah. “Stimulus pemerintah di segmen perumahan ini, membuat kami optimis akan terus menyuburkan bisnis perumahan nasional. Apalagi program vaksin berjalan lancar,”

Selain itu, KPR Syariah yang disalurkan BSI dengan tenor 30 tahun  ini juga menarik bagi para milenial. “Kami optimistis pertumbuhan tahun ini akan dobel digit sejalan dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi pada 2021 yang diperkirakan 4,5% – 5,3%. Hingga akhir tahun 2021, kami menargetkan pembiayaan Griya sebesar Rp39,8 triliun,” jelas Hery yang baru saja terpilih sebagai Ketua Umum Asbisindo (Asosiasi Bank Syariah Indonesia).

BSI memiliki beberapa program pembiayaan untuk menarik minat masyarakat menggunakan produk syariah untuk membeli rumah. Saat ini, BSI memiliki sejumlah produk pembiayaan perumahan. Selain Griya Hasanah, ada pula produk Griya Simuda yang memiliki marjin murah dan cocok untuk generasi milenial.

Tak hanya itu, BSI juga terlibat aktif dalam penyaluran pembiayaan perumahan bersubsidi (KPR Sejahtera). Tahun ini, BSI menargetkan penyaluran KPR Sejahtera bisa menjangkau 14.000 nasabah dengan nilai mencapai Rp 2 triliun.

Demi mencapai target-target tersebut, dan membantu percepatan penyaluran stimulus perumahan bagi masyarakat, BSI sepanjang Ramadan tahun ini memiliki sejumlah program pembiayaan perumahan spesial. Di antaranya harga khusus untuk nasabah pilihan berupa margin mulai 3,3%, pembebasan DP bagi nasabah (DP nol persen), dan hadiah tiket ibadah haji tanpa diundi bagi nasabah yang beruntung. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER