Senin, 15 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Sinyal Merger Ovo dan Dana Semakin Benderang, Grab Beli Saham Emtek

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pekan ini Grab Inc menjadi pusat pemberitaan. Pertama, rencana initial public offering (IPO) di Amerika Serikat.

Kedua, perusahaan ride hailing itu membeli saham PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) atau Emtek. Aksi tersebut menyalakan sinyal, perusahaan pembayaran digital mereka, Ovo dan Dana akan bergabung. Melansir The Straits Times Kamis (15/4), Grab didukung Softbank membeli saham sekitar empat persen dengan lebih dari Rp 4 triliun dalam private placement.

Sebelumnya pada 5 April 2021, Emtek mengumumkan telah menyelesaikan penjualan saham baru melalui private placement senilai Rp9,3 triliun dengan Naver Corporation, mesin pencari web terbesar di Korea Selatan, dan sebuah perusahaan investasi bernama H Holdings Inc menjadi pembeli saham yang mewakili sekitar 8,4% perusahaan.

Adapun private placement tersebut memperbesar modal yang disetor perseroan. “Grab beli lewat H Holdings,” kata sumber yang membantu transaksi tersebut kepada The Straits Times.

“Hasil private placement akan digunakan untuk mengembangkan bisnis sekaligus membantu mendanai operasional sehari-hari,” timpal Emtek dalam pengajuan ke Bursa Efek Indonesia (BEI).

Setelah private placement, persentase pemegang saham Emtek utama terdilusi. Misalnya, kepemilikan pendiri Eddy Sariaatmadja turun menjadi 22,96% dari 24,9%. Pemegang saham utama lainnya adalah Anthoni Salim yang merupakan salah satu taipan terkaya di Indonesia.

Sementara, Direktur Pelaksana Emtek Sutanto Hartoto tidak menjawab pertanyaan tertulis yang dikirim oleh The Straits Times tentang investasi Grab. Dan kemungkinan merger dari dua perusahaan pembayaran digital tersebut. Grab juga tidak memberikan tanggapan langsung atas pertanyaan serupa. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER