Senin, 15 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Modal Rakyat dan BukaPengadaan Kucurkan Pendanaan ke UMKM

BACA JUGA




FinTechnesia.com | BukaPengadaan dari Bukalapak menggandeng Modal Rakyat membuka peluang pembiayaan. Terutama bagi usaha mikro, kecil menengah (UMKM) dalam jaringan ekosistem BukaPengadaan.

Pembiayaan berupa invoice financing atau PO financing. Nominal pembiayaan per pinjaman mencapai Rp 2 miliar dengan durasi pinjaman (tenor) 2 bulan hingga 3 bulan.

Melalui kerjasama ini, BukaPengadaan dan Modal Rakyat juga memiliki visi untuk membantu UMKM agar dapat tumbuh. Tanpa harus khawatir dengan permasalahan cash flow yang terbatas. Sehingga pertumbuhan bisnis berkembang pesat.

Direktur BukaPengadaan, Hita Supranjaya menyampaikan, BukaPengadaan selalu berupaya memperkuat peran UMKM sektor e-procurement. Kolaborasi bersama Modal Rakyat ini memberikan tambahan pilihan pembiayaan bagi UMKM mitra BukaPengadaan. “Sehingga merupakan langkah yang sangat positif bagi upaya kami tersebut. Sekaligus mendukung pertumbuhan UMKM yang ada di Indonesia agar dapat fokus mengembangkan usahanya,” tutur Hita, Senin (19/4).


Sejak dirilis pada 2016, BukaPengadaan telah terintegrasi dengan marketplace Bukalapak. Menghubungkan BukaPengadaan dengan 6,5 juta pelapak untuk menawarkan ratusan juta produk.

Baca juga: ALAMI Menyalurkan Pembiayaan Syariah ke Mitra dan Pelanggan BukaPengadaan

Di tahun 2020, Buka Pengadaan juga ditunjuk sebagai mitra operator oleh LKPP yang bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas UMKM menjadi supplier untuk pengadaan pemerintah. Selain itu, untuk membantu pemerintah dalam masa pandemi, BukaPengadaan juga ditunjuk bekerja sama dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) mendistribusikan 50.000 bantuan ke seluruh Indonesia. Selama pandemi, BukaPengadaan juga mencatat pertumbuhan 2 kali lipat untuk seluruh produk yang terjual.

Bergabungnya Modal Rakyat ke sektor pendanaan untuk e-procurement ini juga merupakan langkah strategis membangun inklusivitas pembiayaan Indonesia. Dalam mewujudkan inklusi keuangan, Modal Rakyat tidak hanya fokus menyalurkan pembiayaan kepada satu ekosistem, juga berupaya menjangkau setiap ekosistem bisnis dan UMKM di Indonesia.

Kerjasama ini membuka peluang bagi setiap pelaku bisnis maupun produk untuk mengakses laman Modal Rakyat, baik secara langsung ataupun melalui mitra bisnis. Saat ini Modal Rakyat memiliki tiga skema pendanaan. Yakni Modal Usaha, Modal Multiguna dan Modal Mikro.

Modal Rakyat menargetkan menyalurkan pembiayaan hingga Rp 50 miliar kepada ratusan UKM dalam ekosistem BukaPengadaan. Diharapkan semakin banyak lagi UMKM lokal yang dapat berkembang bisnisnya.

“Bersinergi dengan ekosistem Buka Pengadaan, sebagai contoh, UMKM terpilih yang mengerjakan proyek yang berhubungan dengan belanja pemerintah akan mendapatkan kesempatan untuk akses permodalan dari Modal Rakyat. Hal ini diharapkan dapat mendorong pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya dengan lebih cepat,” terang Co-Founder & Direktur Modal Rakyat Stanislaus MC Tandelilin. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER